Asian-Fit 1

Pernah mendengar kacamata hitam Asian Fit? Jangan marah dulu, itu bukan rasialis kok. Pasalnya, ada sunglasses yang memang benar-benar dirancang untuk orang-orang Asia.

Mengapa bisa seperti itu? Alasan yang paling mendasar ialah perbedaan bentuk hidung dan asal-muasal kacamata hitam.

Harus diakui, kacamata hitam dan kacamata secara umum hadir di kultur Barat yang notabene didominasi oleh ras Kaukasia. Maka, kacamata hitam pun disesuaikan dengan bentuk wajah dan hidung orang-orang Kaukasia.

Tentu saja ada perbedaan mendasar antara ras Kaukasia dan orang-orang Asia secara umum. Paling kentara ialah bentuk hidung. Lihat saja, hidung orang Kaukasia cenderung lebih tinggi dan lebar, sangat berbeda dibanding orang Asia kebanyakan.

Hal itu bisa terjadi karena pengaruh iklim tempat tinggal. Bentuk hidung ternyata merupakan buah adaptasi manusia terhadap lingkungannya. Orang Kaukasia banyak ditemui di daerah dengan iklim empat musim dengan kecenderungan suhu dingin dan kering yang ekstrem. Kondisi Asia sebagian besar jauh berbeda. Suasananya cenderung lebih hangat dan lembap.

Bentuk hidung akhirnya menyesuaikan kondisi lingkungan. Hidung yang tinggi dan sempit seperti orang Kaukasia dinilai sangat membantu menjaga suhu tubuh agar tetap hangat dan menjaga kelembapan yang minim. Sebaliknya, hidung orang Asia yang rendah dan lebar memungkinkan pergantian udara dengan baik karena suhu yang panas dan lembap.

Perbedaan bentuk itulah yang mendasari kehadiran kacamata hitam Asian Fit. Sebab, pada umumnya, orang Asia memiliki hidung lebih lebar dan pendek, namun dengan tulang pipi yang tinggi. Alhasil, hal itu sering membuat kacama hitam terlihat melorot atau tidak pas ketika dikenakan. Terlebih lagi bagi sunglasses yang memiliki bentuk frame lebar, makin “hilanglah” wajah “ditelan” oleh kacamata.

Asian Fit 2

Maka, sebagai orang Indonesia yang masih termasuk bagian dari Asia, tidak ada salahnya untuk mengetahui seluk-beluk sunglasses Asian Fit. Disarankan memperhatikan ukuran kacamata hitam ketika hendak membelinya, terutama jika diperoleh dari produsen di Barat. Pastikan terlebih dulu bahwa sunglasses itu termasuk Asian Fit yang berarti cocok untuk orang Asia.

Ciri khas Asian Fit ialah bentuk kacamata hitam yang dirancang sedemikian rupa agar bisa bertengger di bagian atas hidung. Ini sengaja didesain seperti itu akan sunglasses tidak melorot atau menutupi muka.

Akan tetapi, jika ingin mengakalinya, pilih tipe kacamata hitam dengan nose pad yang dapat diatur. Contoh konkret ialah Ray Ban Aviator yang memiliki nose pad cenderung tinggi. Ini membuat bentuk hidung rendah orang Asia bisa disamarkan.

Selain itu, ada model-model kacamata hitam yang cenderung pas untuk orang Asia. Satu contoh ialah gaya round yang biasanya memiliki nose pad fleksibel. Namun, ada juga model sporty seperti seri Frogskin keluaran Oakley. Gaya seperti ini cenderung pas untuk orang Asia meski dudukan hidung tidak dapat diatur.

Terlepas dari itu, paling tepat untuk memilah kacamata hitam lagi-lagi ialah dengan mencoba secara langsung.  Hal itu dikarenakan bentuk wajah setiap orang berbeda-beda dan memiliki keunikan tersendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s