img_7876Hari yang cerah di sebuah pantai berpasir putih. Air laut bening dengan gradasi warna yang memukau. Warna hijau tosca di area pinggir. Beranjak ke tengah, air terlihat berwarna biru cerah. Batu-batu granit berukuran besar yang menyembul ke permukaan semakin menambah nuansa magis. Anda di sana seorang diri tanpa ada keributan yang mengganggu. Betapa mengasyikkannya.

Sensasi itulah yang bisa dirasakan jika mau mengelilingi pulau-pulau kecil yang berada di sekitar Pulau Belitung. Anda akan serasa memiliki pulau pribadi di mana beragam aktivitas bisa dilakukan tanpa ada gangguan keramaian.

Kalau ingin membuktikannya, segera cari waktu. Pulau yang melejit berkat novel dan film Laskar Pelangi ini bisa ditempuh dari Jakarta dengan penerbangan sekitar satu jam. Begitu mendarat, Anda bisa langsung menuju Pantai Tanjung Kelayang untuk memulai akvitas di berbagai pulau di sekitar pulau utama.

Siapkanlah dana sekitar Rp1 juta untuk menyewa kapal yang bisa dinaiki hingga sepuluh orang. Nantinya kapal akan mengantar Anda ke beberapa pulau kecil di sekitar pulau utama.

Untuk mengatur perjalanan, ada banyak agen travel di Belitung yang mudah ditemukan melalui internet. Anda tinggal memilih salah satu di antaranya. Jangan lupa juga, sediakan waktu seharian penuh. Maklum saja, ada banyak pulau kecil yang teramat sayang kalau tidak didatangi.

Untuk menuju area kepulauan kecil yang ada di sekitar Belitung tidak membutuhkan waktu lama. Jika ombak bersahabat, pulau terdekat sudah bisa ditemui dengan perjalanan kurang dari satu jam. Disarankan untuk datang pada musim kemarau, sehingga cuaca selama perjalanan cenderung baik.

img_7950

PULAU LENGKUAS

Inilah pulau paling terkenal di antara gugusan kepulauan kecil di sekitar Belitung. Di pulau ini terdapat mercusar tua yang dibangun oleh pemerintah kolonial Belanda pada 1882. Hingga kini, mercusuar setinggi 70 meter itu masih beroperasi sebagai pemandu kapal yang berlayar sekitar Belitung.

Sampai di sini disarankan agar mau berlelah-lelah menaiki 18 lantai mercusuar. Kalau sudah sampai di puncak, pemandangan yang diperoleh luar biasa. Laut biru membentang dengan gradasi warna yang berbeda dari pinggir hingga tengah sangat memesona. Ada pula tampilan batu-batu granit raksasa serta pepohononan dari atas menjadi view yang spektakuler.

Anda bisa memandang sekiling pulau dari semua sudut karena ada teras di luar puncak mercusar. Ini memudahkan untuk mengambil foto maupun merekam pemandangan dari berbagai sisi.

Puas menikmati keindahan Pulau Lengkuas dari puncak, Anda bisa turun ke bawah untuk sekadar berenang ataupun snorkeling. Di sini terdapat spot-spot snorkeling yang memukau. Pemandangannya memang tidak sespektakuler di daerah penyelaman terkenal seperti Bunaken. Namun, daya tariknya juga menarik bagi penggemar wisata laut kasual. Terlebih lagi, arus air di perairan ini termasuk tenang. Kondisi ini memudahkan untuk melakukan snorkeling atau sekadar berenang dengan santai.

img_7814

PULAU PASIR

Anda harus memiliki keberuntungan untuk bisa melihat pulau ini. Bukan karena pulau ini mistis, tapi tidak setiap saat Anda bisa melihatnya. Maklum saja, pulau ini sebenarnya ada gugusan pasir yang muncul ke permukaan ketika air sedang surut.

Oleh karena itu, disarankan untuk datang ke sini ketika air laut sedang surut. Perkirakan jadwal dan konsultasikan dengan pemandu agar bisa sampai pada waktu yang tepat. Namun, kalau ingin peluang menjejakkan kaki di sana semakin besar, datanglah antara bulan April hingga Juli. Biasanya, pulau itu akan muncul ke permukaan lebih lama.

Kalau sudah di sana, sensasinya spesial. Di pulau ini hanya ada pasir tanpa tumbuhan apa pun. Mungkin akan terdapat beberapa binatang laut seperti bintang laut yang terdampar. Anda bisa mengambil dengan pemandangan memesona dari sini.

 

PULAU BURUNG

Dinamakan Pulau Burung karena terdapat batu granit besar yang dinilai masyarakat menyerupai burung. Pulau ini tidak terlalu luas. Anda bisa menyeberang dari satu sisi ke sisi lainnya hanya dalam waktu 15 menit kalau berjalan dengan santai.

Setiap sisi pulau memiliki pemandangan sama. Pasir putih yang dihiasi beberapa batu granit menjadi pemandangan khas. Pulau Burung menarik untuk disinggahi jika ingin bermain-main di pantai sembari berenang atau sekadar duduk menikmati pemandangan indahnya.

img_7978

PULAU BABI

Kontur pulau ini hampir sama dengan pulau-pulau lain di sekitarnya. Ada batuan granit besar di sekitarnya. Dinamakan Pulau Babi karena konon dulu terdapat babi hutan di sana. Namun, sekarang, keberadaannya sukar ditemui.

Aktivitas utama yang ditawarkan di sini adalah berburu bintang laut. Anda bisa turun ke perairan dangkal di sekitarnya untuk mencari beragam bintang laut yang cantik. Anda bisa memegangnya sebelum dikembalikan lagi ke habitatnya.

Ketika sore datang, Pulau Babi sangatlah elok. Memandang senja dari sana ke arah lautan lepas yang berhias batu-batu granit besar menghadirkan nuansa magis yang menggetarkan hati. Menarik untuk dicoba.

img_7867

PULAU KEPAYANG

Pulau terluas di antara gugusan kepulauan di sekitar Belitung.  Berbeda dengan pulau lainnya, garis pantai Pulau Kepayang lumayan luas. Panjangnya tak kurang dari 300 meter.

Tidak banyak batu granit di sana dan dasarnya merupakan pasir halus. Ini membuat aktivitas paling menarik yang dilakukan di sini adalah menikmati keindahan pantai.

Anda bisa berjalan mengelilingi pulau seluas 14 hektare ini. Pemandangan yang didapat jelas memesona. Pasir putih, air laut bening, hingga suara burung-burung yang sering ditemui menjadi paduan pas. Kalau sedang sepi, Anda akan benar-benar bisa merasakan sensasi memiliki pulau pribadi di sini.

Bukan hanya itu, dasar pantai yang tidak berbatu-batu membuat daerah ini aman untuk berenang. Kalau ingin snorkeling, ada spot di bagian barat daya yang menyimpan keindahan bawah laut memesona.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s