sunglasses-1

Matahari bersinar cerah, siapa yang tidak suka? Kita yang hidup di Indonesia begitu beruntung karena bisa menikmati sinar sang surya sepanjang tahun. Namun, meski terasa menyenangkan, diam-diam ada bahaya yang mengintai di balik sinar matahari.

Ancaman itu berupa sinar ultraviolet (UV) yang merupakan paparan matahari yang masuk ke bumi melalui atmosfer. Sinar UV tidak terlihat, namun bisa dirasakan.

Pada dasarnya, sinar UV terbagi menjadi tiga tingkatan, yakni sinar UV A, B, dan C. Kategori terakhir alias sinar UV C merupakan yang paling berbahaya, sehingga tubuh memerlukan perlindungan khusus terhadapnya, terutama kulit.

Akan tetapi, sinar UV juga ternyata menyimpan bahaya bagi mata. Ancaman itu muncul dari sinar UV A dan UV B. Sinar UV A dapat merusak saraf pusat penglihatan dan makula, yaitu bagian dari retina yang terletak di bagian belakang mata. Selain itu, meski tingkat radiasinya paling rendah, jika terpapar sinar UV A dalam jangka panjang, maka mata berisiko terkena katarak.

sunglasses-2

Sementara itu, sinar UV B dapat merusak bagian kornea dan lensa mata. Jika tidak dilindungi, mata yang terpapar sinar UV B secara berlebihan dapat mengalami problem degenerasi makular, pterygium atau pertumbuhan pada lapisan luar (bagian putih mata) yang pada akhirnya menutupi bagian tengah kornea, dan corneal sunburn (photokeratitis).

Untuk mengurangi risiko tersebut, cara paling tepat ialah memakai kacamata hitam. Sebab, sinar UV selalu mengancam karena bisa dipantulkan oleh beragam hal mulai dari air, pasir, serta permukaan apa pun yang berwarna cerah.

Meski begitu, kacamata hitam yang dipilih tidak boleh sembarangan. Sunglasses itu mesti memiliki lensa 100% UV protection. Selain itu, desainnya juga menutupi mata secara menyeluruh.

Maka, mulai sekarang, demi kesehatan mata, kenakalan kacamata hitam ketika berada di luar ruangan dalam jangka waktu lama. Ancaman sinar UV dari matahari mengintai kita semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s