horseback-1-pixabay

Banyak yang memandang remeh horseback riding. Kegiatan itu dipandang sebagai sekadar permainan belaka. Cukup naik di punggung kuda, lalu Anda tinggal mengendalikannya. Terlihat simpel.

Akan tetapi, pemahaman itu salah. Horseback riding tidak sesederhana yang dibayangkan. Banyak hal kompleks di belakangannya misalnya cara mengendalikan kuda ataupun kesulitan untuk melaju dengan baik. Semua itu tidak mudah dilakukan.

Meski begitu, banyak manfaat yang dapat dipetik dari kegiatan berkuda. Menurut pakar berkuda, Katherine Blocksdorf, horseback riding dapat menjadi olahraga untuk tiga aspek sekaligus, yakni mental, fisik, dan spiritual? Hal itu dapat terjadi karena kompleksitas kegiatannya.

Mari ditelaah lebih lanjut.

OLAHRAGA UNTUK  FISIK

Ada alasannya jika horseback riding dikategorikan sebagai salah satu cabang olahraga. Kegiatan menaiki kuda ternyata juga mampu melatih fisik, khususnya bagian kaki, area abdomen, bahu, hingga otot punggung.

Hal itu terjadi karena tubuh mesti berada di posisi yang tegak kala berada di punggung kuda. Selain itu, tubuh juga mesti bergerak menyesuaikan diri dengan gerakan kuda yang dinaikinya. Semuanya melatih otot-otot seperti halnya cabang olahraga lain.

Menurut buku Body For Life for Women yang ditulis oleh Dr. Pamela Peeke, horseback riding juga berguna untuk membakar kalori. Dalam setiap menit, lima kalori terbakar kala mengendari kuda dengan berjalan santai. Kondisi itu bisa terjadi karena horseback riding juga menstimulasi organ-organ tubuh bagian dalam seperti kala sedang berjalan. Tidak mengherankan, horseback riding juga bermanfaat untuk memperbaiki fungsi liver.

Kegunaannya sebagai sarana melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh juga menjadikan horseback riding semakin menarik dilakukan oleh siapa saja. Olahraga ini tidak membatasi usia pelaku. Dari anak kecil hingga orang tua boleh melakukannya karena manfaatnya begitu besar.

Belum lagi, gerak tubuh yang mesti dilakukan saat merawat kuda, membersihkan kandangnya, atau membawa pelana dan peralatan lain. Kegiatan itu akan memperkuat massa tulang sehingga manfaat horseback riding kian bertambah besar.

horseback-2-pixabay

OLAHRAGA UNTUK MENTAL

Para penunggang kuda pemula biasanya hanya memikirkan cara untuk berada di atas punggung kuda dan mengendalikannya belaka. Padahal, begitu mampu melakukannya, kesempatan untuk mendapat pelajaran dari segi mental sangat besar.

Pertama-tama, horseback riding memberi peluan untuk selalu belajar. Sifat binatang yang terkadang sulit ditebak juga dimiliki oleh kuda. Tidak aneh, meski berpengalaman panjang dalam horseback riding, selalu saja ada hal baru yang ditemui dalam setiap kesempatan. Hal ini menjadi stimulan apik bagis setiap orang untuk mau terus belajar.

Bukan hanya itu, horseback riding juga melatih kecepatan berpikir. Dalam mengendarai kuda, seringkali muncul kejadian yang membuat joki dituntut segera memutuskan dalam melakukan sesuatu. Hal itu lama-kelamaan melatih reaksi pikiran yang cepat.

Satu hal yang tidak boleh disepelekan adalah kegunaan horseback riding untuk menjaga memori otak dengan baik. Sama seperti bagian tubuh lain, otak juga perlu dilatih agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Menunggang kuda memungkinkan otak untuk selalu dilatih karena selalu memikirkan tindakan selanjutnya. Hal itu berguna sebagai bekal untuk meraih kesuksesan dalam hidup.

Luar biasa bukan? Maka, cobalah untuk melakukan horseback riding untuk mendapatkan manfaatnya.

horseback-3-pixabay

OLAHRAGA UNTUK SPIRITUAL

Dalam diri manusia, bukan hanya aspek fisik dan mental yang perlu dilatih. Sisi spiritual juga mesti diperhatikan. Sebab, seringkali kebugaran diri manusia terpengaruh oleh aspek emosional yang baik.

Untuk melakukannya, horseback riding dapat menjadi pilihan. Kegiatan ini bisa menjadi sarana untuk melatih aspek spiritual. Mengendarai kuda biasanya dilakukan di alam terbuka. Berada di alam saja sudah menjadi sarana terapi yang baik bagi manusia.

Bukan hanya itu, meski seringkali ada kesulitan kala melakoninya, horseback riding pada dasarnya merupakan kegiatan menyenangkan. Hati dan pikiran menjadi rileks saat melakukannya. Manfaat yang diperoleh untuk emosi sama seperti berbagai kegiatan relaksasi lainnya. Apalagi jika horseback riding dilakukan bersama-sama orang terkasih dalam suasana yang menyenangkan. Dampaknya akan semakin bagus untuk ketenangan hati.

Kalaupun melakoni horseback riding sendiri, rasa tenang tetap didapatkan. Rahasianya adalah koneksi unik yang muncul antara kuda dan penunggangnya. Hal itu menciptakan rasa nyaman dan damai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s