deposito-2-pixabay

Salah satu langkah agar bisa memiliki keuangan yang baik adalah berinvestasi. Namun, mendengar kata investasi, banyak pihak yang langsung mengkeret. Beberapa takut dengan risikonya. Ada pula yang merasa belum memahami instrumen investasi dengan baik.

Jika terus seperti itu, kapan akan bisa memulai berinvestasi? Padahal, ada banyak jenis investasi yang mudah dipahami sekaligus cocok untuk investor pemula seperti Anda. Salah satunya ialah deposito.

Produk keuangan ini layak dijadikan pilihan oleh orang yang baru mulai berinvestasi. Ada banyak manfaat deposito yang bisa dinikmati. Semuanya bisa mengundang Anda untuk mengawali langkah sebagai investor. Namun yang lebih penting adalah keuangan Anda bakal tertata dengan baik untuk menjamin masa depan yang cerah.

Mari kita simak satu per satu manfaat deposito berikut ini.

SUKU BUNGA LEBIH KOMPETITIF

Ada sebabnya kalau deposito disebut sebagai salah satu instrumen investasi. Produk keuangan ini menjanjikan suku bunga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan biasa. Jika biasanya tabungan biasa hanya akan memberikan bunga yang “habis” untuk administrasi belaka, tidak demikian halnya dengan deposito. Nilainya dijamin lebih baik, sehingga nasabah dapat mendapatkan manfaatnya.

Sebagai gambaran, biasanya bunga tabungan di bank rata-rata maksimal hanya  mencapai 2,05%.  Sedangkan, untuk deposito rupiah dengan jangka waktu (tenor) satu bulan saja, bunganya sudah mencapai 7,5%. Jumlah itu jelas lebih tinggi.

Tidak mengherankan, deposito menarik banyak pihak. Mereka berlomba-lomba memanfaatkannya sebagai salah satu instrumen investasi yang menjanjikan sekaligus aman.

deposito-1-pixabay

TINGKAT RISIKO YANG RENDAH

Inilah salah satu faktor yang membuat deposito bisa menjadi pilihan bagi para investor pemula. Selain menjanjikan bunga kompetitif, tingkat risiko deposito juga terbilang rendah. Hal ini berbeda dengan instrumen investasi lainnya.  Pasar saham, valuta asing, atau properti masih rawan terkena pengaruh gejolak pasar.

Namun, tidak demikian halnya dengan deposito. Nilainya terbilang stabil dan nyaris terbebas dari gangguan pasar. Jika tidak terjadi kondisi buruk yang luar biasa ekstrem, hampir dipastikan keamanan deposito terus terjamin.

Itulah manfaat deposito yang unik. Tidak aneh, banyak yang berlomba untuk segera menanamkan dananya di berbagai produk deposito di perbankan. Investor pemula seperti Anda bisa melakukannya juga.

KEAMANAN TERJAMIN

Investor kelas kakap seperti Warren Buffett pun selalu bersikap berhati-hati. Dia mengatakan aturan terpenting dalam berinvestasi adalah berusaha tidak kehilangan uang. Buffett bermaksud menyatakan bahwa keamanan merupakan faktor krusial dalam berinvestasi.

Deposito memberikan jaminan keamanan yang diidamkan oleh investor. Pasalnya, uang yang dimasukkan ke dalam deposito dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Alhasil, ketika terjadi situasi negatif seperti kebangkrutan sebuah bank, dana deposito tetap dapat diterima kembali.

LPS menjamin dana hingga Rp2 miliar dengan suku bunga maksimal sebesar 7,5 persen. Kepastian ini seharusnya membuat investor pemula tidak perlu ragu untuk membuka deposito di bank.

deposito-3-pixabay

KEMUDAHAN AKSES TERHADAP BUNGA

Manfaat deposito yang ingin diperoleh oleh nasabah sudah pasti pendapatan dari bunga. Hal itu bisa menjadi tambahan penghasilan secara pasif. Namun, deposito juga menjanjikan keuntungan lain yang bisa dinikmati.

Sekarang, akses terhadap bunga deposito sangat mudah. Bunga yang didapatkan dalam jangka waktu tertentu bisa dimanfaatkan oleh nasabah sesuka hati. Anda bisa menariknya secara tunai. Selain itu, Anda juga diperbolehkan untuk menyetornya ke rekening lain.

Bukan hanya itu, Anda juga menginvestasikan lagi bunga deposito yang diperoleh. Saat ini, dikenal keberadaan sistem ARO (Automatic Roll Over) yang dengan sendirinya selalu menambahkan bunga ke nilai deposito secara otomatis. Akibatnya, bunga deposito juga bakal naik seiring dengan pertambahan jumlahnya.

Maka, sudah seharusnya para investor pemula memanfaatkan deposito. Anda dapat menggunakan dananya sesuka hati sesuai dengan tujuan Anda masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s