makanan-1-pixabay

Penyakit jantung merupakan momok bagi siapa pun yang mendengarnya. Bersama dengan stroke, serangan jantung adalah sakit paling mematikan di dunia. Di Indonesia kondisinya sama persis. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar Indonesia pada 2013, sakit jantung dan stroke juga menjadi pembunuh tertinggi di negeri kita.

Oleh karena itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan jantung. Apalagi bagi Anda yang memiliki kesibukan dan tekanan hidup yang berat.

Adapun langkah untuk membuat jantung tetap sehat adalah menjalani pola hidup yang baik. Rutin melakukan olahraga menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakoni. Selain itu, membatasi makanan yang merugikan kesehatan juga mesti dilakukan.

Akan tetapi, ada langkah lain yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatanjantung. Anda bisa mengonsumsi makanan sehat untuk jantung. Jenisnya cukup beragam. Semuanya lezat dan bermanfaat besar bagi kesehatan jantung kita.

Ingin mencobanya? Simak beberapa makanan sehat untuk jantung yang dapat Anda konsumsi.

SALMON

Kata siapa makanan sehat tidak enak? Lihat saja beragam hidangan dari daging ikan salmon. Pasti menggiurkan dan bercita rasa lezat. Itu belum apa-apa. Ada kegunaan lain, terutama untuk kesehatan jantung.

Salmon ternyata salah satu makanan sehat untuk jantung terbaik. Rahasianya adalah kandungan asam lemak Omega 3 yang besar di dalamnya. Menurut pakar nutrisi dari Universitas Vermont, Rachel Johnson, Omega 3 memiliki kemampuan untuk menjaga darah tidak menggumpal. Akibatnya aliran darah menjadi lancar sehingga kesehatan jantung terjaga.

Selain itu, Omega 3 di dalam salmon juga mampu menurunkan level triglycerides di dalam tubuh. Inilah salah satu lemak yang memicu kehadiran penyakit jantung.

WALNUTS

Asam lemak Omega 3 ternyata berpengaruh penting terhadap kesehatan jantung.  Untuk mendapatkannya, Anda bisa juga mengonsumsi walnuts. Inilah jenis kacang yang paling sehat untuk dikonsumsi.

Walnuts mengandung “versi lain” dari Omega 3 yang berasal dari tanaman. Selain itu, di dalamnya juga terdapat  linoleat dan asam arakidonat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol buruk, Low Density Lipoprotein (LDL), dan meningkatkan kadar kolesterol High-density lipoprotein  (HDL) yang baik.

Penelitian yang dilakukan oleh periset asal University of Scranton Chemistry di Amerika Serikat, Dr. Joe Vinston, menemukan bahwa kacang walnuts memiliki kandungan antioksidan yang besar. Hal ini membantu mencegah terjadinya plak di dinding pembuluh darah sehingga aliran darah lancar. Saat itu terjadi, kesehatan jantung akan terjaga.

makanan-3-pixabay

COKLAT HITAM

Coklat merupakan salah satu kudapan paling populer. Penyebabnya tak lain adalah kelezatannya yang membuat orang banyak jatuh hati. Anda boleh saja mengonsumsinya, namun disarankan untuk memilih coklat hitam yang terbukti menjadi makanan sehat untuk jantung.

Untuk membedakan coklat hitam dengan yang lain adalah komposisinya. Di dalam coklat hitam, kandungan kakao minimal mencapai 70 persen. Kandungan gula hanya sisanya, sehingga menyehatkan.

Terlebih lagi terdapat senyawa flavanol di dalamnya. Kandungan inilah yang menyehatkan jantung karena berguna untuk menurunkan tekanan darah sekaligus mencegah penggumpalan darah. Kemampuan lainnya sebagai antioksidan juga berperan penting bagi kesehatan jantung. Hal itu membuat kolesterol jahat tidak mengendap di pembuluh darah sehingga melancarkan peredaran darah.

AVOKAD

Avokad pantas disebut sebagai buah penjaga kesehatan jantung. Rahasianya adalah keberadaan kandungan asam oleat di dalamnya. Senyawa tersebut punya peran penting dalam menjaga jantung tetap sehat.

Asam oleat merupakan salah satu lemak “baik” yang diperlukan oleh tubuh. Keberadaanya akan menekan jumlah lemak “jahat” yang dikenal dengan Low Density Lipoprotein(LDL). Akibatnya kesehatan jantung terjaga jika mengonsumsinya dengan rutin.

Avokad dapat dimakan secara langsung. Namun banyak yang menjadikannya sebagai minuman jus. Apa pun itu, asal dikonsumsi saat masih segar, avokad akan berguna sebagai makanan sehat untuk jantung.

makanan-2-pixabay

WINE

Ini dia satu lagi bukti bahwa hal yang menyehatkan juga bisa menyenangkan. Contohnya wine. Minuman fermentasi dari buah anggur ini ternyata merupakan makanan sehat untuk jantung, terutama red wine.

Penyebabnya adalah keberadaan senyawa fenolat yang banyak terdapat di biji dan kulit anggur. Kandungan itu merupakan antioksidan yang kuat sehingga bermanfaat untuk jantung.

Menurut  penelitian Australia Wine Research, mengonsumsi wine secara teratur dalam jumlah moderat dan sesuai batas toleransi tubuh dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler hingga 50 persen. Hal itu bisa terjadi karena kolesterol jahat (LDL) akan berkurang dan sebaliknya kolesterol baik bakal bertambah.

OATMEAL

Satu lagi makanan sehat untuk jantung yang berasal dari biji-bijian. Itu tak lain adalah oatmeal. Dengan unik, oatmeal mampu menjaga kesehatan jantung karena keberadaan serat yang disebut beta-glucan di dalamnya.

Beta-glucan memiliki kemampuan mirip dengan Omega 3. Senyawa ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang dikenal sebagai LDL. Sebaliknya, jumlah kolestrol baik, HDL,dapat terjaga dengan baik karena perannya sebagai antioksidan yang memerangi radikal bebas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s