kopi-toraja

Kopi Toraja merupakan satu kopi terbaik. Bukan hanya di Indonesia, reputasi kopi yang berasal dari kawasan dataran tinggi Tana Toraja di Sulawesi Selatan ini sudah mendunia. Bahkan, Direktur Utama JJ Royal Coffee, Yusuf Sumartha, berani menjadikannya sebagai jenis kopi favorit. Kopi Toraja dinilainya mampu memenuhi kriteria kopi yang baik, yakni punya aroma, flavour, acidity, body, dan rasa setelah diminum yang istimewa.

Dengan kualitas sebaik itu sungguh disayangkan jika tidak bisa menikmatinya rasanya secara maksimal. Anda mesti memperhatikan teknik penyajian agar kopi Toraja menunjukkan citarasa terbaiknya.  Tidak perlu repot karena cara menyajikannya cukup sederhana.

Pertama, cobalah teknik tubruk. Inilah cara penyajian kopi khas Indonesia. Anda cukup menuang air ke ke dalam gelas yang sudah diisi bubuk kopi Toraja. Jika ingin menikmati rasa yang maksimal, masaklah air sampai mendidih. Lalu, diamkan selama sekitar empat menit. Baru tuangkan ke dalam gelas tersebut.

Rasa yang ditawarkan oleh kopi Toraja dengan teknik tubruk cukup khas. Aroma kopi yang kuat dengan sedikit rasa kecut bakal muncul. Lalu, ada sedikit rasa pahit di ujung lidah ketika dicecap. Sungguh mengasyikkan.

kopi-toraja-2

Namun, selain tenik tubruk, Anda bisa juga menikmati kopi Toraja dengan teknik dripping. Cara penyajian ini membutuhkan alat drip. Anda pasti sering melihatnya di sejumlah gerai kopi. Teknik ini biasa dipakai untuk meyajikan kopi Vietnam.

Untuk menyajikannya, masukkan kopi ke dalam dripper yang sudah dilapisi kertas. Masak air hingga mendidih. Lalu, siramkan sedikit demi sedikit di atas alat drip. Siraman pertama hanya sedikit dan berkembang semakin banyak hingga yang ketiga. Biarkan air kopi menetes ke atas gelas di bawahnya.

Trik untuk mendapatkan citarasa maksimal kopi Toraja ialah dengan menyiramnya secara melingkar seperti obat nyamuk. Mulailah dari pinggir dan berputar hingga berakhir di tengah. Niscaya aroma herbal khas kopi Toraja bakal Anda dapati.

Anda bisa pula memanfaatkan mesin espresso untuk menyajikan kopi Toraja. Masukkan biji kopi Toraja ke dalamnya. Lalu, Anda sudah mendapatkan secangkir espresso yang menggoda. Kalau ingin menikmati capuccino, Anda tinggal menambahnya dengan krim atau susu jika ingin segelas caffe latte.

Selamat menikmati kopi Toraja!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s