wisata-3-pixabayPasir putih dengan air laut membiru yang dipadu dengan angin sepoi-sepoi atau pepohonan yang menghijau dengan hawa dingin. Siapa yang tidak menyukainya? Bisa juga ada tambahan pemandangan berupa polah binatang yang lucu menggemaskan di alam liar. Semua pasti memimpikannya.

Cepat bergegas mencarinya. Segeralah memulai liburan Anda. Sebagai kaum urban dengan tuntutan pekerjaan yang berat, kondisi lingkungan yang serbaruwet, plus segudang persoalan yang mesti dihadapi, Anda layak untuk berlibur sejenak. Holiday bukan merupakan pemborosan, melainkan kebutuhan penting untuk menyegarkan diri Anda sepenuhnya.

Bayangan yang digambarkan tadi bisa ditemui jika memilih tempat wisata alam sebagai destinasi liburan. Selain memang menyenangkan, ada sejumlah alasan yang membuat alam wajib Anda masukkan sebagai lokasi tujuan berwista. Manfaat besarnya mungkin tidak akan Anda sangka sama sekali.

Inilah manfaat tempat wisata alam bagi Anda seperti dipaparkan oleh Good Nature.

Alam Menyegarkan Otak

Setiap hari otak Anda sudah dipaksa untuk bekerja terus-menerus. Seperti mesin, otak juga butuh “diservis”. Caranya sangat menyenangkan. Kunjungilah tempat wisata alam untuk menyegarkan otak.

Alam mempunyai kemampuan spesial dalam membuat pikiran dan otak kita menjadi lebih baik. Hal itu terungkap dalam riset yang dilakukan oleh Marc Berman dari Universitas Michigan di Amerika Serikat pada 2009.

Ia menemukan fakta bahwa pasien yang bisa melihat pepohonan lebih cepat pulih dibanding yang hanya melihat gedung-gedung. Selain itu, Berman juga mencatat bahwa para wanita yang tinggal di perumahan dengan pemandangan rerumputan lebih punya kemampuan fokus yang baik ketimbang mereka yang sulit melihat alam.

Sebaliknya, kondisi perkotaan yang sumpek dan padat justru membuat otak memburuk. Pemicunya adalah keengganan untuk berada di sana yang secara tidak sadar menghantui orang. “Kalau melihat gambar jalanan yang sibuk, semua langsung membayangkan berada di sana. Sejak saat itu, kemampuan menaruh perhatian menurun seketika,” papar Berman.

Oleh karena itu, segeralah meninggalkan kota barang sebentar. Carilah kesempatan untuk bersatu dengan alam lewat piknik ke tempat wisata alam agar kemampuan otak terjaga.

wisata-1-pixabay

Alam Membuang Stres

Anda merasa senang ketika liburan tiba. Hati terasa bahagia dan beban yang mengimpit mendadak sirna. Itulah rasa gembira yang didapatkan ketika berlibur dan akan semakin berlipat jika melakukannya di tempat wisata alam.

Alam memiliki kekuatan untuk membuat stres yang Anda rasakan. Dengan berada di alam terbuka atau bersinggungan dengan alam saja, tekanan bakal terasa hilang, Itu merupakan indikasi sederhana tentang kehebatan alam dalam mengatasi stres.

Sebuah studi yang dilakukan Dr. William Bird dari Natural England menjadi bukti. Ia mengumpulkan bukti-bukti bahwa orang cenderung lebih sehat dan tambah bahagia ketika pergi ke pedesaan, taman, atau kebun.

Selain itu, Bird juga menemukan fakta bahwa orang yang jarang bersentuhan dengan alam  cenderung gambang terkena depresi dan kegelisahan. Sebaliknya, hanya dalam hitungan menit berada di alam terbuka, tingkat stres langsung menutun.

Tunggu apa lagi? Segeralah ajak segenap anggota keluarga untuk menuju tempat wisata alam favorit.

 

Alam Menjaga Tubuh Tetap Fit

Saat ini, obesitas, tekanan darah tinggi, ataupun penyakit jantung mudah menjangkiti siapa saja. Di perkotaan, problem tersebut kian gampang ditemukan. Menurut America’s Great Outdoors Initiative , masalah itu muncul karena gaya hidup di dalam ruangan yang terlalu kuat.

Kebiasaan itu mesti diubah karena berada di luar ruangan terbukti membuat tubuh lebih bugar. Rahasianya adalah kemampuan istimewa alam. Bersentuhan dengan alam secara langsung memberikan daya tahan tubuh yang lebih baik.

Salah satu buktiknya adalah riset International Journal of Health Research. Mereka mendapati bahwa orang yang berolahraga di luar ruangan mempunyai tekanan darah dan tingkat stres yang lebih rendah dibanding mereka yang melakukan olahraga dalam ruangan. Selain itu, suasana hatinya cenderung lebih baik.

Maka, tempat wisata alam wajib Anda pilih kala berlibur. Manfaatkanlah waktu di sana untuk berolahraga agar kegunaannya kian berlipat.

wisata-2-pixabay

Alam Menawarkan Petualangan

Berada di dalam terbuka menawarkan pengalaman yang seringkali tidak terduga. Satwa maupun tumbuhan yang ada di sana kerap tidak terprediksi. Namun, hal itu malah menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat wisata alam. Anda bisa merasakan sensasi petulangan ketika berwisata.

Petualangan membuat adrenalin terpacu. Namun, bersamaan dengan itu, rasa senang juga muncul. Bahkan, jika membawa anak, bisa jadi sebuah fenomena alam menjadi sebuah pengalaman tidak terlupakan bagi mereka.

Ajak rekan atau keluarga untuk melakukan petualangan di alam. Kegiatan seperti hiking atau bermain di pantai dapat menjadi pilihan. Tingkat petualangan dapat Anda sesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Menikmati Alam Adalah Kesempatan Langka

Segeralah untuk menuju tempat wisata alam. Nikmati fenomena menakjubkan alam terbuka secepatnya. Sebab, bisa jadi, dalam beberapa tahun lagi, semua itu akan sirna.

Menyedihkan, namun itulah kenyataannya. Saat ini, laju kerusakan lingkungan sangat cepat. Pemanasan global mulai menunjukkan dampaknya. Alam pun menerima efek negatifnya. Posisi mereka terdesak sehingga rawan musnah.

Mumpung masih bisa, manfaatkan kesempatan untuk menikmati alam sebaik mungkin. Kunjungi tempat wisata alam karena pada masa depan bisa jadi sudah sirna. Semoga saja tidak terjadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s