produktivitas-1-pixabay

Teknologi dihadirkan untuk membantu manusia. Namun, kalau salah memanfaatkan, bisa jadi kehadirannya malah merugikan. Salah satu contohnya adalah gangguan konsentrasi bekerja yang muncul akibat hasrat untuk melihat media sosial lewat smartphone.

Agar tidak terjebak ke dalam pengaruh negatif teknologi, seharusnya Anda menggunakan teknologi untuk meningkatkan produktivitas. Sesungguhnya banyak kemudahan teknologi terbaru yang dapat membantu memudahkan pekerjaan Anda.

Apa sajakah itu? Inilah beberapa cara meningkatkan produkivitas dengan pemanfaatan teknologi. Hampir semua orang dapat memanfaatkannya karena teknologi tersebut sudah sangat umum.

ORGANISASI PEKERJAAN DENGAN TO DO LIST APPS

Salah satu kendala terbesar dalam bekerja adalah mengorganisasi pekerjaan. Ketika langsung dihadapkan terhadap sejumlah pekerjaan yang banyak, bisa jadi bakal ada pekerjaan yang terlewat.

Tidak perlu bingung. Persiapkanlah semua dengan sejumlah aplikasi yang dapat membantu mengorganisasi pekerjaan dengan baik. Anda dapat memilah pekerjaan yang harus dilakukan, lalu menatanya sesuai tenggat waktu atau skala prioritas. Semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Salah satu yang direkomendasikan adalah Google Task. Anda bisa mengatur agenda maupun pekerjaan yang mesti diselesaikan di sana dengan mudah. Untuk membukanya, Anda hanya butuh koneksi internet. Anda bisa juga memberi pekerjaan kepada orang lain dengan aplikasi ini.

Selain Google Task, Anda dapat memanfaatkan to do list apps yang mudah diunduh melalui gadget. Wunderlist dan Remember The Milk adalah aplikasi yang direkomendasikan dan tersedia di semua sistem operasi. Namun, bagi pemakai platform iOS, Anda dapat mengunduh apps seperti Clear dan OmniFocus.

produktivitas-2-pixabay

CATAT HAL PENTING LEWAT NOTE APPS

Di tengah kesibukan yang tinggi, pikiran Anda rawan terpecah ke berbagai pekerjaan yang mesti diselesaikan. Salah-salah ada task yang terlewat atau kurang lengkap gara-gara kelupaan. Agar hal seperti itu tidak terjadi, manfaatkan teknologi yang dapat membantu Anda mencatat hal-hal penting.

Anda dapat mengunduh note apps seperti Google Keep, OneNote, atau Evernote. Di sana Anda bisa mencatat dan merekam hal yang diinginkan. Sesudahnya Anda bisa mengaksesnya lewat perangkat apa pun dan di mana saja. Teknologi penyimpanan cloud sudah memungkinkan Anda melakukan itu semua.

Di antara ketiga aplikasi yang direkomendasi, Evernote yang paling komprehensif. Cara pencarian catatan yang dibuat sangat mudah. Selain itu, Anda bisa mengorganisasi note dengan tags maupun notebooks dengan simpel.

Kini, jangan takut lagi melupakan sebuah hal penting. Manfaatkan note apss untuk memudahkan kegiatan Anda. Hal ini dapat dilihat pula sebagai salah satu cara meningkatkan produktivitas kerja yang menyenangkan.

PANTAU KINERJA DENGAN WEB-BASED  PROJECT MANAGEMENT SOFTWARE

Task sudah diatur sedemikian rupa. Hal-hal penting telah dicatat agar tidak terlewat. Sekarang saatnya untuk mengerjakannya.

Jika pekerjaan dilakukan seorang diri tentu mudah saja untuk mengontrolnya. Namun, beda halnya jika dilakukan secara simultan bersama tim atau Anda malah harus memimpin sebuh proyek dengan task berbeda-beda. Memantau pekerjaan untuk melakukan kontrol bukan perkara sepele karena sangat menentukan kesuksesan meraih target.

Akan tetapi, tidak perlu khawatir. Lagi-lagi teknologi dapat dimanfaatkan sebagai cara meningkatkan produktivitas kerja Anda. Terkait dengan pemantauan kinerja, Anda dapat mengunduh web-based project management software.

Pada dasarnya, ini adalah perangkat lunak untuk memantau pekerjaan yang dilakukan bersama-sama. Namun, karena berbasis internet, Anda dapat dengan mudah mengaksesnya di mana saja asalkan ada koneksi jaringan data.

Software yang direkomendasikan adalah Redbooth dan WorkZone. Lewat kedua perangkat lunak tersebut, Anda dapat dengan mudah melihat perkembangan task yang dilakukan. Selain itu, Anda bisa berbagi dokumen dengan mudah. Begitu pula halnya dengan melakukan verifikasi pekerjaan. Semua sesimpel membuka internet. Anda bahkan bisa memilih sistem pemantauan berdasarkan jenis pekerjaan Anda seperti Marketing/Creative Team, IT Team, Project Manager, atau Management Team.

Sangat berguna sekali bukan? Anda dapat memastikan taks yang Anda pimpin berjalan mulus dengan kemudahan teknologi tersebut.

produktivitas-3-pixabay

HARGAI WAKTU DENGAN TIME TRACKING

Cara meningkatkan produktivitas kerja yang paling utama sejatinya terkait dengan waktu. Anda mesti bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk kegiatan produktif. Namun, seringkali Anda hanya menjalani rutinitas tanpa tahu bagaimana penggunaan waktu yang dilakukan selama ini.

Kalau berani, Anda mesti menantang diri sendiri. Anda bisa melihat produktivitas Anda yang sebenarnya dengan memanfaatkan aplikasi time tracking. Salah satu yang direkomendasikan adalah Rescue Time.

Lewat perangkat lunak ini, Anda bisa memantau waktu yang Anda pakai untuk apa pun. Waktu yang diperlukan untuk mengirim email, melakukan pertemuan, ataupun beristirahat sejenak tercatat secara detail. Apa saja task yang sudah Anda lakukan dapat terlihat dengan baik. Bahkan, Anda bisa memblok situs-situs internet yang rawan mengganggu kinerja Anda.

Rescue Time bekerja di komputer tanpa mengganggu sistem operasi. Kalau memiliki tim, Anda juga bisa memantau produktivitas mereka lewat sistem ini. Berani untuk mencobanya?

EFISIEN DENGAN KEYBOARD SHORTCUT

Memanfaatkan waktu sekecil apa pun merupakan cara meningkatkan produktivitas yang penting. Sekadar memindah program kerja di komputer juga dapat berarti krusial untuk peraihan target Anda.

Maka, cobalah cari tahu sejumlah keyboard shortcut di komputer Anda masing-masing. Semua sistem operasi seperti Windows dan Mac sama-sama memiliki “jalan pintas” yang berguna sekali.

Anda bisa menghemat waktu sekaligus menghindarkan diri dari gangguan konsentrasi karena mesti menjalani proses lain kala berganti program. Coba saja sekarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s