Artikel Google Friendly 1

Ketika hendak menjalankan content marketing, mengisi blog dengan sejumlah artikel bisa dipilih. Oleh sebab itu, seorang Digital Marketer perlu memiliki keterampilan menulis. Namun, pada masa kini, tulisan tidak lagi  hanya melayani pembaca biasa. Anda juga mesti memerhatikan faktor keberadaan search engine. Untuk itu, menulis artikel Google Friendly begitu vital.

Tulisan yang ramah terhadap mesin pencari sangat penting untuk search engine optimization. Saat ini, orang mencari apa pun di search engine. Harus diakui, Google merupakan pemain terbesar dalam mesin pencari dengan share mencapai 65 persen. Tak heran, menulis artikel Google Friendly amat bermanfaat untuk melayani search engine.

Mau tahu caranya? Berikut ini 10 tips untuk menulis Google Friendly. Menguasainya juga berarti menunjang kemampuan Anda dalam search engine optimization dan search engine marketing.

  1. Pikirkan Isi Tulisan Terlebih Dulu

Menulis artikel Google Friendly bukan berarti asal membuat artikel. Anda tetap harus memikirkan isi tulisan yang hendak disampaikan. Carilah tema yang orisinal. Jikapun tidak, artikel yang dibuat harus punya nilai lebih dari yang sebelumnya. Misalnya dengan menambah data, informasi baru, maupun sudah pandang lain.

Ketika menulis SEO Friendly seperti ini, pantang untuk menjiplak artikel lain. Mesin pencari seperti Google tetap akan mampu mendeteksinya. Mereka tidak akan mendaftar artikel yang terindikasi hanya merupakan hasil jiplakan. Selain itu, kredibilitas Anda di mata publik juga akan turun. Oleh karena itu, penting sekali untuk memikirkan isi tulisan dengan baik sebelum mulai mengerjakannya.

  1. Lakukan Riset Sebelum Membuat Judul

Judul dalam sebuah tulisan sangat penting. Bukan hanya untuk membuat orang tertarik untuk membaca, dalam menulis SEO Friendly, judul juga berguna untuk memudahkan search engine mendeteksi isi tulisan. Oleh sebab itu, lakukan riset terlebih dulu sebelum menentukan judul sehingga punya opsi yang tepat.

Saat melakukan riset, Anda mencari sejumlah keyword yang sesuai dengan tema tulisan. Carilah mana yang biasanya dipakai orang ketika hendak menemukan hal yang dalam artikel yang bakal ditulis.

Ketika sudah menemukan, bandingkan di mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing. Cari kata kunci yang terkait dengan yang akan dipakai. Saat telah mendapatkan gambaran judul, cobalah buat supaya lebih “manusiawi” dalam arti mudah dipahami oleh manusia. Pikirkan judul yang menarik dan informatif. Tujuannya supaya orang tertarik membacanya dan tahu bahwa isinya sesuai dengan yang mereka cari.

Selain itu, penting pula untuk menjaga judul tidak terlalu panjang. Usahakan paling banyak memakan 65 karakter tanpa spasi supaya lebih mudah ditemukan oleh search engine.

  1. Perhatikan Bagian Pembuka

Dalam menulis, bagian awal yang kerap disebut sebagai pembuka amat penting. Dalam tulisan SEO Friendly maupun bentuk artikel apa pun, upayakan area ini menarik supaya mengundang untuk terus dibaca,

Selain menarik bagi orang, artikel SEO Friendly juga harus “ramah” bagi search engine. Triknya ialah memasukkan keyword yang mewakili isi di paragraf pertama tulisan. Hal ini supaya “spider” di mesin pencari mudah menemukan tulisan dan mendaftarnya secepat mungkin.

  1. Masukkan Keyword Di Tubuh Artikel

Anda mulai menuangkan isi pikiran menjadi tulisan. Ketika menulis artikel Google Friendly, pastikan untuk memasukkan kata kunci ke dalam tubuh tulisan. Namun, upayakan kata kunci masuk sealami mungkin ke dalam artikel. Hal ini penting supaya tidak terasa mengganggu ketika dibaca oleh orang. Perlu dipahami pula bahwa kerapatan keyword juga mesti diperhatikan.
Memasukkan kata kunci bukan berarti ditulis secara terus-menerus. Anda tetap harus membuat jeda antar keyword. Untuk melakukan cek tingkat kerapatan keyword, ada baiknya memanfaatkan aplikasi content analysis seperti Yoast.

Artikel Google Friendly 2

  1. Buat Tulisan Dengan Panjang yang Ideal

Setiap saat algoritma yang dipakai mesin pencari seperti Google selalu berubah. Belakangan mereka menyukai artikel yang panjang. Tulisan semacam itu ternyata lebih mudah didaftar dan ditemukan oleh Google. Oleh sebab itu, buatlah tulisan dengan panjang yang ideal bagi mesin pencari.

Untuk menulis artikel Google Friendly, minimal dibutuhkan artikel 300 kata. Melebihi jumlah itu lebih baik, namun, upayakan jangan lebih dari 700 kata.

  1. Tautkan Dengan Content Lain

Supaya artikel kian mudah ditemukan oleh search engine, ada baiknya dengan menautkannya dengan content lain. Bisa jadi Anda sudah membuat tulisan lain yang ada kaitannya dengan tema tulisan terbaru. Anda dapat memberi tautan di sebuah kata atau kalimat yang membawa ke tulisan lain.

Hal ini sangat berguna dalam meningkatkan kredibilitas dan membentuk citra authority site. Selain itu, pemberian link ke content lain juga meningkatkan ranking dalam Google. Maka, ketika menulis artikel Google Friendly, upayakan untuk memberi link ke tulisan lain yang sudah dibuat.

  1. Optimalkan Gambar Dengan Baik

Gambar berfungsi penting dalam sebuah artikel. Keberadaan gambar bisa menjadi jeda tersendiri yang menghilangkan lelah ketika membaca. Selain itu, gambar yang baik bisa memperkuat isi tulisan.

Artikel SEO Friendly perlu diberi gambar. Namun, pastikan image sudah diberi data untuk memudahkan search engine optimization. Caranya gunakan ALT text untuk memberi gambaran isi image. Anda bisa memasukkan keyword di sini.

Selain itu, beri nama gambar. Penamaan image lebih mempermudah pencarian dibanding hanya memberi nomor atau kode acak.

Google Friendly 3-Pixabay

  1. Baca Ulang Tulisan

Sesudah tulisan selesai dibuat, bacalah ulang. Hal ini diperlukan untuk menemukan kesalahan seperti salah ketik atau data yang keliru. Anda juga dapat menemukan bagian yang dirasa perlu untuk ditambah atau dibuang lewat membaca tulisan kembali.

Selain itu, membaca ulang akan membantu Anda untuk mempercantik tulisan. Ingat, selain kepada search engine, artikel yang dibuat juga akan dinikmati oleh orang sehingga keindahan tata bahasa tetap penting.

  1. Manfaatkan Content Analysis Tool

Awalnya menulis Google Friendly bisa terasa menyulitkan. Ada yang merasa cukup merepotkan karena ada “aturan” yang mesti ditaati. Namun, jika sudah terbiasa, melakukan penulisan SEO Friendly bakal terasa mudah.

Tips untuk melakukannya ialah dengan memanfaatkan content analysis tool seperti Yoast SEO. Aplikasi seperti itu memudahkan Anda melakukan cek. Apakah artikel Anda sudah SEO Friendly atau belum bisa tergambar.

Selain itu, biasanya ada sejumlah saran yang diberikan oleh aplikasi supaya tulisan menjadi lebih baik. Terbiasa memanfaatkannya akan membuat menulis SEO Friendly tidak lagi merepotkan.

 

Ternyata menulis artikel Google Friendly sangat mudah. Cobalah untuk mempraktikannya. Selain itu, usahakan untuk melakukan pembaruan blog secara terus-menerus supaya banyak content yang didaftarkan oleh search engine. Hal ini membantu dalam dalam search engine optimization.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s