Kacamata Hitam Menyetir Mobil 3

Kaca jendela mobil ditutup. Air Conditioner dinyalakan dan sabuk pengaman tak lupa direkatkan. Perjalanan mengendarai mobil sudah terasa nyaman. Sepintas seperti tidak perlu lagi hal yang diperlukan agar keamanan dan kenyamanan dirasakan.

Padahal, semua belum itu belum lengkap. Agar lebih komplet tak ada salahnya untuk mengenakan sebuah kacamata hitam ketika mengendari kendaraan. Jadikanlah hal itu sebagai kebutuhan seperti halnya memakai sabuk pengaman.

Namun, keraguan seringkali muncul. Perlukah menggunakan kacamata hitam saat menyetir mobil? Bukankah berada di dalam mobil dalam kondisi tertutup sudah menghilangkan gangguan dari luar? Angin, debu, dan sinar matahari telah terhalangi oleh atap dan jendela mobil.

Hal itu memang benar, namun masih ada bahaya lain yang mengintai ketika mengendarai mobil. Saat kendaraan sudah tertutup sekalipun, sinar menyilaukan dari matahari masih bisa dirasakan. Apalagi kita hidup di Indonesia yang merupakan daerah tropis dengan sang surya yang terus bersinar sepanjang tahun.

Saat berkendara, ancaman sinar matahari semakin besar. Pasalnya, ketika mengendarai mobil, kita melewati daerah terbuka yang padat. Lokasi seperti cenderung memantulkan sinar. Belum lagi pantulan dari bodi dan kaca kendaraan lain. Alhasil, cahaya surya kian menyilaukan.

Kacamata Menyetir Mobil 1

Hal itu jelas mengganggu. Apalagi pada siang bolong. Bukan hanya menyilaukan terkadang rasa pegal dan mual bisa hadir karena terpapar sinar terus-terus menerus.

Sialnya, pada siang hari, retina mata bakal kesulitan terus menerus menjaga sinar yang masuk tidak terlalu berlebihan.  Kita pun terpaksa kerap memicingkan mata untuk menghilangkan rasa silau. Tindakan itu juga tidak baik untuk kesehatan mata.

Ancaman sinar UV A maupun UV B pun kian intens pada siang hari. Hal itu membuat sunglasses semakin dibutuhkan ketika mengendarai mobil. Terlebih lagi, ada faktor keselamatan yang bisa menjadi pertimbangan.

Menyetir mobil membutuhkan konsentrasi tinggi. Rasa silau bisa memecahnya. Alhasil, sebuah kacamata hitam bakal membantu pandangan tetap fokus sehingga perjalanan semakin aman.

Ketika memilih sebuah kacamata hitam yang digunakan untuk berkendara, warna lensa bisa menjadi pertimbangan. Disarankan untuk memilih beberapa warna yang mampu membantu mengurangi sinar yang masuk. Warna-warna lensa seperti  amber, grey, brown, atau green sangat pas untuk mengendarai mobil.

Ada baiknya juga untuk mempertimbangkan fitur seperti polarized lens dan mirrored lens. Pasalnya, dua jenis lensa itu mampu menghilangkan rasa silau. Polarized lens bisa meredam sinar menyilaukan, sedangkan mirrored lens dapat memantulkan cahaya yang menuju mata.

Jadi, mulai sekarang, ada baiknya mengenakan kacamata hitam ketika mengendarai mobil. Semua demi keamanan dan kenyamanan kala berkendara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s