Sekarang rumah bukan lagi sekadar tempat tinggal belaka. Fungsi dan peran rumah kian berkembang. Bahkan, belakangan rumah sudah sarana pernyataan dan aktualisasi diri.

Fakta tersebut diungkap oleh seorang psikolog sosial asal Amerika Serikat, Lindsay Grahan. Sebelumnya ia meneliti pola perilaku orang melalui Center For The Built Environment di University of Berkeley. Graham menemukan bahwa ekspresi diri kini cenderung meluas hingga ke penataan rumah.

“Ketika memilih pola mencolok, mungkin kita ingin menekankan sesuatu. Mungkin kita ingin dikenal sebagai sosok yang menyenangkan. Tapi, bisa juga hal tersebut merupakan letupan perasaan dan kegembiraaan yang dirasakan di rumah. Jadi, bukan saja siapa kami, tetapi ingin jadi siapa dirimu,” papar Graham.

Sedemikian penting arti rumah membuat Anda tidak boleh asal mendekorasinya. Anda mesti memperhitungkan berbagai faktor dalam mendesain rumah. Salah satunya terkait kepribadian. Ada baiknya memahami berbagai gaya rumah yang cocok dengan diri Anda.

Berikut ini tips menata rumah sesuai kepribadian yang dirilis oleh Freshhome. Setiap desain rumah yang ditawarkan ternyata cocok untuk berbagai pribadi yang berbeda.

Gaya Minimalis Untuk Si Teratur

6 Vanguard - Residential

Anda senang semuanya teratur dan tertata dengan baik. Anda ingin mudah menemukan barang yang dibutuhkan dengan cepat. Selain itu, Anda menyukai efisiensi dan kesederhanaaan. Kalau merasa diri Anda seperti itu, pilihlah gaya desain minimalis.

Kebetulan saat ini desain rumah minimalis tengah tren. Anda bisa mengikutinya dengan memilih berbagai furnitur berkarakter kuat yang minim ornamen. Keiza Amorani yang menulis buku Ide-Ide Segar Menata Rumah menyarankan untuk menggunakan bahan dari kayu ataupun besi.

Untuk warna, kepribadian yang tegas dari sosok pribadi teratur bisa ditunjukkan melalui penggunaan warna-warna kuat dan solid. Hitam, coklat, atau marun adalah warna yang disarankan.

Gaya Skandinavia Buat Sosok Ramah

Skandinavian-Freshhome

Tips menata rumah untuk sosok yang ramah dan senang bersosialisasi sedikit berbeda dengan pribadi teratur. Bisa jadi gaya minimalis masih terasa, namun karena ingin menciptakan suasana nyaman dan menarik di dalam rumah, sosok ramah mau mengorbankan efisiensi.

Freshhome menyarankan si ramah untuk menata rumah dengan gaya Skandinavia. Seperti namanya, desain ini tumbuh berkembang di daerah Skandinavia seperti Denmark, Norwegia, Swedia, Finlandia, dan Islandia.

Ciri khas gaya Skandinvia ialah desain minimalis yang cenderung bersih dan sederhana. Biasanya warna putih dan netral sering menjadi pilihannya. Sementara itu, furniturnya didominasi oleh material dari kayu.

Gaya Pop Art Untuk Pribadi Unik

Pop Art-Freshhome

Anda dikenal sebagai sosok yang berbeda dan cenderung kompleks. Selain itu, mungkin terlihat selalu “fresh” atau sedikit elegan. Intinya Anda tidak sama dengan yang lain. Jika seperti itu, Anda mesti menata rumah dengan gaya Pop Art.

Desain ini ditandai dengan keberanian untuk bereksperimen di dalam rumah. Warna-warna ceria dan cerah berani ditampilkan. Selain itu, penggunaan karya seni yang tidak biasa juga kerap menjadi ciri khas penataan rumah ala Pop Art.

Penggunaan elemen dekorasi yang unik dan poster-poster berukuran besar kerap dijadikan pilihan menghias rumah gaya Pop Art. Tampilan spesial dibuat di semua sudut rumah hingga kamar mandi sekalipun. Secara tidak langsung, sosok unik itu ingin mendapat perhatian dari tampilan rumahnya yang bergaya.

Gaya Shaby Chic Untuk Si Anggun

Shaby Chic-Freshhome

Kalau hendak mengatur rumah dengan maksud menampilkan sisi feminin yang kuat, pilihlah gaya Shaby Chic. Gaya ini berkembang di Inggris dan identik dengan perabot bergaya Pop-Victorian yang terkesan antik.

Pengunaan warna-warna pastel serta bahan dengan pola floral sangat dominan di gaya Shaby Chic. Warna putih pun sering ditampilkan dengan sentuhan usang agar kesan vintage hadir. Furnitur yang dipilih juga selalu terkesan tua.

Tips menata rumah seperti itu sangat pas bagi para wanita yang anggun. Sisi lembut dan artistik dalam diri Anda bisa ditampilkan dalam beragam elemen khas gaya Shaby Chic.

Gaya Vintage Bagi Sosok Berpendirian Teguh

Vintage-Freshhome

Tips menata rumah gaya vintage tidak mudah dilakukan. Desainnya unik dan kompleks. Setiap ruangan bisa memiliki tampilan interior yang berbeda-beda. Semua dilakukan demi menonjolkan benda-benda kuno tertentu.

Paling umum adalah pemakaian elemen interior seperti koper kulit, bendera, atau pun peta usang di dalamnya. Selain itu, acap pula ditemui pemasangan aksesoris seperti miniatur kapal atau miniatur benda di dalam botol.

Penggemar desain vintage biasanya adalah sosok yang berpendirian teguh. Ia tahu apa yang ia mau. Hal itu bisa hadir karena ia gemar mencari tahu apa pun dengan membaca. Susahnya, ia adalah pribadi yang perfeksionis sehingga selalu berusaha melakukan yang terbaik termasuk dalam mendesain rumahnya.

Gaya Jepang Untuk Pribadi Simpel    

Jepang-Freshhome

Gaya rumah Jepang terkesan mudah diterapkan. Namun, praktiknya tidak seperti itu. Desainnya yang sederhana ternyata memiliki aturan-aturan khusus yang terkait dengan kultur Negeri Sakura.

Tips menata rumah dengan gaya Jepang adalah selalu mementingkan fungsi dibanding estetika. Tidak ada kompromi untuk membuat semuanya menjadi lebih rumit. Kesederhanaan menjadi satu hal terpenting.

Hal seperti itu sejatinya menunjukkan kepribadian pemiliknya. Desain rumah gaya Jepang cocok sekali untuk Anda yang berkepribadian simpel dan efisien. Anda mampu berpikir positif dan enrgik. Namun, Anda juga adalah sosok yang suka keteraturan. Jika itu adalah diri Anda, gaya rumah Jepang sangat pas.

Gaya Klasik Bagi Anda yang Elegan

Klasik-Freshhome

Gaya klasik merupakan salah satu desain rumah paling populer. Gaya ini identik dengan tampilan arsitektur di Eropa Barat pada abad pertengahan. Kesan aristokrat dan bangsawan muncul dari desain ini.

Elemen hias yang digunakan cenderung rumit. Semua dipastikan harus elegan dan menampilkan keindahan di segala sudut. Penggunaan benda-benda kuno juga sering dipakai sebagai wujud penghargaan terhadap sejarah dan masa lalu.

Anda yang berpribadi elegan bakal cocok dengan gaya klasik. Anda bisa memperlihatkan kegemaran Anda terhadap sejarah, budaya, dan politik melalui penataan rumah gaya klasik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s