Belakangan Anda pasti sering sekali mendengar istilah SEO yang merupakan kependekan dari search engine optimization. Suka atau tidak suka, Anda harus menjalankan SEO dengan baik. Manfaat search engine optimization bagi pemasaran sangat krusial.

Agar semakin yakin, Anda mesti memahami pengertian SEO terlebih dulu. Google Knowledge Graph mendefinisikan search engine optimization sebagai proses memaksimalkan jumlah visitor ke sebuah website dengan memastikan bahwa situs berada di daftar tertinggi dalam mesin pencari. Dengan kata lain, SEO merupakan upaya untuk mudah ditemukan oleh search engine.

Sebagai Digital Marketer, Anda bertugas memaksimalkan aspek-aspek digital untuk menunjang pemasaran. SEO merupakan bagian dari kegiatan search engine marketing. Di bawah search engine marketing masih ada bagian lain seperti paid search, pay per click, dan iklan. Namun, SEO tetap memegang peran vital.

Lalu, seperti apa kegunaan search engine optimization dalam pemasaran? Inilah beberapa yang patut digarisbawahi.

 

SEO PENTING UNTUK TRAFFIC

Source: Pixabay.

Mendapatkan perhatian dari khalayak merupakan faktor penting dalam marketing. Dalam dunia digital, hal itu bisa diperoleh dari traffic yang tinggi di sebuah website. SEO yang berperan untuk meningkatkan traffic tersebut.

Sebagai gambaran nyata, Anda bisa melihat sebuah website dengan traffic 10 ribu visitor setiap hari. Namun, ada pula website yang hanya dikunjungi seribu visitor per bulan. Perbedaan itu bisa terjadi karena penerapan search engine optimization.

Website dengan traffic tinggi menjalankan SEO dengan baik. Sebaliknya website dengan traffic rendah tidak mempraktikkan SEO atau melakukannya dengan buruk.

SEO sangat membantu karena menempatkan website di posisi tertinggi atau minimal halaman pertama di search engine.

Pengaruh posisi website di mesin pencari begitu krusial. Chikita merilis data bahwa rata-rata traffic share sebuah website yang berada di halaman pertama dalam search engine mencapai 32,5 persen.  Selain itu, Inc.com juga menyatakan sembilan dari sepuluh klik di sebuah website berasal dari posisi di halaman pertama search engine. Data itu menunjukkan betapa penting manfaat SEO bagi peningkatan traffic.

 

SEO BISA MEMPOSISIKAN BISNIS SEBAGAI SOLUSI

Source: Pixabay.

Anda pasti pernah mendengar pernyataan seperti ini, “Coba tanyakan saja kepada Google.” Biasanya kalimat itu dikemukakan ketika orang ingin menemukan jawaban atas sebuah pertanyaan. Mereka melakukannya karena, sebagai search engine, Google merupakan langkah termudah dalam menemukan apa pun.

Sebagai Digital Marketer, Anda mesti jeli. Sekarang search engine sudah menjadi hal biasa yang dimanfaatkan orang. Maka, sudah seharusnya Anda memaksimalkan search engine marketing lewat penerapan SEO yang baik.

Ketika beraktivitas di search engine marketing, orang berusaha mencari solusi atas problem. Anda bisa menempatkan keywords tertentu terkait bisnis Anda yang merupakan solusi atas berbagai masalah tersebut. Hasilnya Anda akan ditemukan oleh orang yang membutuhkan bantuan dari Anda.

Langkah itu dirasa lebih efektif dibanding pemasangan iklan yang menyasar orang secara umum. Belum tentu iklan Anda dilihat atau direspons oleh orang karena mereka memang sedang tidak mencari solusi problem yang Anda tawarkan. Ini berbeda dengan SEO yang memungkinkan Anda ditemukan oleh pihak yang memang membutuhkan bantuan layanan atau produk Anda.

 

HASIL SEO TERUKUR DAN EFEKTIF

Source: Pixabay.

Dalam setiap investasi, siapa saja pasti mengukur hasil yang ingin didapatnya. Di marketing, investasi itu sering berupa pemasangan iklan. Namun, sayang sekali, dampak dari iklan sulit diukur secara nyata.

SEO sebaliknya. Hasil penerapan search engine optimization terukur. Anda bisa menghitung ROI dari penerapan SEO dengan mudah. Ada banyak perangkat analisis yang tersedia dan menunggu untuk dipergunakan.

Selain itu, menerapkan search engine marketing lewat SEO juga dirasa sangat efektif. Data yang dirilis Growth Lightning menyebutkan 14,6 persen orang yang datang ke sebuah website menjadi konsumen yang melakukan transaksi. Jumlah itu jauh lebih tinggi dibanding konsumen yang hadir dari iklan yang hanya mencapai satu persen.

Kondisi itu bisa terjadi karena penerapan SEO berarti menarget pihak yang spesifik memilik ketertarikan dengan bidang Anda. Tentu saja sosok seperti itu lebih mudah diarahkan untuk menjadi konsumen.

 

SEO DAPAT DITERAPKAN DI MANA SAJA

Source: Pixabay.

Search engine marketing memang identik dengan dunia digital. Namun, penerapan search engine optimization tidak selamanya hanya untuk online business. Offline business juga menjalankannya.

Contohnya seperti ini. Anda bisa mempraktikkan SEO sehingga orang bisa mencari nomor telepon atau alamat toko Anda. Anda dapat melakukannya melalui Google My Business atau malah Google Maps. Layanan atau produk yang Anda tawarkan dijamin bakal lebih mudah ditemukan oleh pihak yang membutuhkan.

Selain itu, SEO tidak terbatas hanya dalam search engine. SEO dapat diterapkan ke berbagai platform berbeda. Sebagai contoh, Anda berkecimpung dalam bidang e-commerce. Anda butuh produk Anda ditemukan melalui content. Penerapan SEO yang baik bakal menjawab kebutuhan Anda tersebut. SEO yang bagus akan memudahkan produk Anda ditemukan oleh pihak yang membutuhkan di platform lain seperti media sosial.

 

Kalau sudah tahu manfaat search engine optimization, mengapa Anda tidak segera mempraktikkannya? Anda justru wajib menjalankan SEO yang baik secepat mungkin. Jika tidak, pihak lain bakal melakukannya.

SEO kini sudah menjadi keharusan. Tidak menjalankannya, Anda pasti bakal ketinggalan dibanding kompetitor. Tentu Anda tidak akan mau mengalami situasi seperti itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s