Smartphone Printer 2-Pixabay

Coba amati kegiatan orang ketika tengah memegang smartphone. Selain berkirim pesan, berinteraksi di media sosial, atau berselancar di internet, pemakai juga sering mengambil foto dengan telepon pintarnya.

Ini bukan sekadar asumsi. Data dari Pew Research Center yang meneliti perilaku pemakai smartphone di Amerika Serikat pada 2015 bisa menjadi rujukan. Mengambil foto dengan telepon pintar termasuk ke dalam enam besar kegiatan yang dilakukan pengguna. Sebanyak 60 persen pemilik smartphone mengaku melakukannya.

Memang, kini, apa pun yang dirasa menarik diabadikan dalam foto. Kemudahan melakukannya menjadi salah satu penyebab. Berbekal smartphone, orang tinggal beraksi mengambil foto.

Kebetulan teknologi dalam smartphone saat ini sudah melahirkan foto dengan kualitas apik. Kemampuan telepon pintar untuk memotret tidak kalah dengan kamera foto biasa. Bahkan, jika mampu mengoperasikan dengan baik, hasilnya sama baik dengan buah bidikan kamera.

Teknologi digital yang ada di dalam smartphone juga kian mempermudah segalanya. Foto yang diambil secara otomatis tersimpan di dalam smartphone. Tidak ada khawatir bakal hilang atau rusak.  Semua dapat disimpan sesuai dengan kapasitas penyimpanan telepon pintar.

Jika masih dirasa kurang, pemakai smartphone tidak perlu khawatir. Kini sudah teknologi komputasi awan yang memungkinkan pengguna menambah kapasitas penyimpanan. Hebatnya foto dapat dibuka di mana saja dan dengan perangkat apa saja asalkan terkoneksi dengan internet.

Akan tetapi, ada kalanya orang tidak hanya ingin menyimpan foto di dalam smartphone saja. Foto ingin dicetak. Hasilnya bisa dipasang sebagai dekorasi penghias rumah atau disimpan dalam bentuk cetak begitu saja.

Smartphone Printer 1-Pixabay

Kalau seperti itu, orang masih membutuh mesin printer.  Foto hanya bisa dicetak dengan alat tersebut. Smartphone baru bisa sebatas menyimpan foto atau dapat berperan sebagai alat pengendali mesin pencetak foto.

Tentu hal tersebut masih kurang praktis. Mesin printer harus dibawa ke mana-mana. Kalau tidak, pemakai mesti menuju lokasi yang tersedia mesin cetak ketika ingin mencetak foto. Hal itu jelas kurang praktis.

Andai saja ada smartphone yang memiliki kemampuan mencetak foto alangkah enak. Orang tinggal memencet salah satu tanda perintah ketika ingin mencetak foto. Fotonya akan ke luar dari smartphone. Sangat simpel.

Ide semacam ini memang terkesan tidak masuk akal. Namun, banyak sekali terobosan di dunia berawal dari mimpi yang di luar logika orang kebanyakan.  Ambil contoh bola lampu modern temuan Thomas Alva Edison. Sebelum dirinya membuat, orang masih belum membayangkan akan ada benda seperti itu.

Kamu mungkin seperti itu. Banyak sekali ide brilian di dalam kepalamu. Jangan disimpan sendiri. Masukkan inovasi usulanmu ke Ideaction. Kamu berkesempatan mewujudkannya dan membuat perubahan di dunia.

Ayo, tunggu apa lagi?

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s