Anak Cerdas

Memiliki anak yang cerdas merupakan impian semua orang tua. Banyak tips dan trik untuk melakukannya yang diberikan oleh berbagai pihak. Namun hanya beberapa yang sudah teruji secara ilmiah. Time merangkumnya menjadi sepuluh langkah yang telah dibuktikan melalui riset memang memiliki dampak untuk meningkatkan kecerdasan anak.

  1. Pelajaran Musik

Riset membuktikan bahwa musik dapat membuat anak lebih cerdas. Anak-anak yang ikut dalam kelas musim terbukti mengalami peningkatan IQ. Pertambahannya memang tidak terlalu tinggi, namun merata ke dalam beragam aspek. Hal inilah yang akhirnya menjadi bekal bagi anak untuk mendapat pendidikan.

  1. Kebugaran Fisik

Persepsi yang berkembang tentang kebugaran fisik dan tingkat kecerdasan ternyata salah. Orang dengan kondisi tubuh bagus punya kemampuan apik dalam belajar. Terbukti, sesudah berolahraga orang dapat menyerap kata-kata baru lebih banyak 20 persen dibanding biasanya. Oleh karena itu, selain rajin membaca, anak diharapkan untuk tetap melakukan akivitas fisik supaya lebih cerdas.

  1. Membaca Bersama

Sejak saat ini, orang tua seharusnya mengajak anak membaca bersama. Kegiatan ini bukan berarti Anda membacakan buku sementara sang anak hanya melihat gambarnya. Ajak anak untuk aktif. Hal itu akan membantunya untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis.

  1. Tidur yang Cukup

Kurang waktu tidur ternyata berdampak besar terhadap kecerdasan anak. Kehilangan waktu tidur satu jam saja sama dengan kehilangan masa perkembangan kecerdasan kognitif selama dua tahun. Bukan hanya itu, riset juga memperlihatkan, siswa yang tidur lebih lama 15 menit saja cenderung punya nilai yang lebih baik.

  1. Disiplin Diri Lebih Penting Dibanding IQ

IQ kerap digunakan untuk menakar kesuksesan seorang anak di bangku sekolah. Namun, tanpa disiplin diri, IQ tinggi akan sia-sia belaka. Disiplin membuat anak bisa mengatur waktu dengan baik. Mereka mengerjakan tugas serta mau untuk belajar. Anak seperti itu bakal cenderung punya prestasi yang lebih baik di sekolah meski tidak memiliki IQ tinggi.

Anak Cerdas 2

  1. Sistem Belajar Aktif

Hanya mendengarkan pelajaran tanpa mempraktikannya ternyata berdampak kurang maksimal. Hal-hal yang hendak disampaikan tidak ditangkap dengan baik oleh anak. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk melakukan praktik agar anak lebih paham atas pelajaran yang disampaikan.

  1. Makanan Tidak Sehat Bisa Berdampak Baik

Orang tua pasti ingin anaknya memakan makanan sehat terus-menerus. Namun, sebuah riset menunjukkan, anak yang konsisten memakannya malah mengalami penurunan prestasi di sekolah. Sebaliknya anak yang sesekali makan junk food dapat berprestasi lebih baik. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk sesekali membebaskan pilihan makanan anak.

  1. Anak yang Bahagia Lebih Sukses

Ada korelasi antara tingkat kebahagiaan dengan kesuksesan dalam hidup. Anak yang bahagia cenderung berprestasi baik di sekolah. Hal sebaliknya berlaku bagi anak yang kurang happy. Untuk itu, orang tua wajib membuat anak merasa senang. Caranya? Jadi orang yang bahagia terlebih dulu.

  1. Pengaruh Peer Group Sangat Besar

Orang akan terpengaruh dengan lingkungannya. Begitu pula tingkat kecerdasan anak. Peer group ternyata memiliki arti penting. Mereka dapat menjadi pendorong atau penghambat kecerdasan anak. Maka, sangat disarankan agar memasukkan anak ke lingkungan yang mendukung perkembangan intelegensia seperti sekolah yang bagus dan teman yang bertanggung jawab.

  1. Percaya Bahwa Anak Memang Cerdas

Lagi-lagi pandangan positif terhadap anak berpengaruh. Sebuah riset memperlihatkan sejumlah anak yang dikatakan lebih cerdas dibanding yang lain memang meraih prestasi akademik lebih baik. Padahal, sampel tersebut diambil secara acak. Namun, ini memperlihatkan dorongan yang baik berpengaruh besar terhadap tingkart kecerdasan anak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s