Social Media Monitor 1-Pixabay

Semua pihak kini menjalankan social media marketing. Mereka tahu betapa besar penggguna media sosial. Namun, saking banyak, pemahaman tentang trik memantau pemasaran social media yang efektif mesti dikuasai.

Mau tahu alasannya? Anda akan terkagum-kagum melihat “lalu-lintas” dalam social media yang luar biasa padat. Sebagai contoh berbagai data yang dipaparkan oleh CIO. Menurut Facebook per Maret 2016, penggunanya rata-rata mengirimkan pesan sebanyak 31,25 juta per menit. Bersamaaan dengan itu, 2,77 juta video dilihat di sana per menit.

Aktivitas di Twitter tak kalah ramai. Dalam kurun waktu yang sama, ada 347.222 cuitan yang dilepaskan oleh pemakai Twitter per menit.

Fakta dari dua media sosial itu bagai dua sisi mata uang. Digital marketer akan memandang sebagai potensi social media marketing. Namun, di satu sisi, perasaaan akan merasa kewalahan dalam memantau pemasaran social media yang dilakukan.

Padahal, seperti yang lain, teknik pemasaran social media perlu dipantau. Hal itu dibutuhkan agar kegiatan social media marketing yang dijalankan berjalan sesuai rencana. Tanpa pemantauan, jika ada langkah yang melenceng atau kesalahan bakal tidak akan terdeteksi.

Jangan khawatir. Ada trik untuk memantau social media marketing secara efektif. Anda hanya harus menguasainya supaya pemantauan pemasaran social media tidak memakan waktu. Mungkin nanti hanya akan butuh sepuluh menit untuk melihat kinerjanya.

 

MANFAATKAN SOCIAL MEDIA MONITORING TOOLS

 

Teknik pemasaran social media akan berjalan baik jika terus dipantau. Banyak yang mengistilahkannya dengan social media listening. Ini dimaksudkan bahwa Anda mendengarkan pembicaraan tentang brand Anda di media sosial.

Agar bisa melakukannya dengan efektif, disarankan untuk memanfaatkan beragam social media monitoring tools yang kini mudah didapatkan. Semua akan membantu Anda memantau social media marketing dengan efisien. Ini beberapa di antaranya.

Twitter Advanced Search: Fitur dari Twitter ini memudahkan untuk mencari tweet yang terkait brand Anda. Semua dapat Anda atur misalnya sesuai kata tertentu, lokasi, tanggal, pengirim pesan dan lain-lain.

Facebook Search: Anda bisa mengatur pemantuan social media marketing di Facebook dengan lebih privat. Anda bisa menemukan public post yang terkait dengan tautan tertentu.

Google Alerts: Ini sebenarnya tidak terkait langsung dengan social media. Namun, Anda bisa mengaturnya untuk mengetahui update tentang brand Anda. Google nanti akan mengirimnya lewat email.

Sprout Social: Sprout Social merupakan platform yang memudahkan Anda untuk memantau social media marketing. Tools ini bisa mengatur kata kunci, frasa, hashtag, pembicaraan yang terkait tentang brand Anda sekaligus menemukan akun media sosial yang menyebut Anda.

Social Media Monitor 2-Sprout Social

PASTIKAN HAL YANG DIPANTAU

 

Supaya efektif dalam memantau pemasaran social media yang dijalankan, Anda harus tahu persis yang Anda mau. Ini dimaksudkan sejak awal Anda telah menentukan beragam hal yang hendak dimonitor.

Biasanya ada lima hal yang dimonitor dalam penerapan teknik pemasaran social media.

Brand Terms

Anda harus menentukan terminologi yang biasa terkait dengan brand Anda. Misalnya kata kunci yang kerap dipakai orang untuk mencari produk atau layanan perusahaan Anda.

Jika mendaftarnya dengan baik, Anda akan tahu pembicaraan orang tentang brand Anda, meski mereka tidak menyebutkan Anda secara langsung atau menggunakan hashtag tertentu.

Brand Terms Terkait

Agar bisa mendengarkan pembicaraan tentang brand Anda secara komprehensif, Anda juga mesti mengetahui terminologi yang terkait. Maksudnya adalah terms tersebut tidak berhubungan langsung dengan Anda, namun bisa menjadi berguna bagi Anda.

Contoh konkret misalnya perusahaan Anda bergerak di bidang perhotelan. Anda mungkin harus memantau kalimat seperti “Tempat Menginap Terbaik”.  Buka Google Analytics dan Google Webmaster Tools brand Anda sendiri untuk menemukan terminologi seperti itu.

Kebutuhan Konsumen

Kini semakin banyak pelanggan yang ingin mengetahui sesuatu lewat media sosial, Menurut catatan Sprout Social, jumlahnya pada 2014 meningkat sebesar 77 persen dibanding tahun sebelumnya.

Anda harus memastikan diri untuk cepat merespons aktivitas konsumen terkait brand Anda di media sosial. Cara melakukannya ialah membuat ikatan, melakukan pembicaraan, atau menjawab pertanyaan mereka.

Sentimen Konsumen

Teknik pemasaran social media memungkinkan Anda untuk mengetahui feedback konsumen tentang brand dengan cepat. Anda bisa mengetahui persepsi mereka tentang jasa atau produk yang Anda berikan.

Masukan ini akan sangat berarti penting. Anda mungkin akan menemukan content, jenis produk/jasa, hingga kisaran harga yang paling pas untuk brand Anda lewat pemantauan social media marketing.

Kompetitor

Kompetisi sejatinya berarti penting bagi peningkatan kualitas. Oleh karena itu, dalam memantau sosial media marketing, tak ada salahnya untuk mengamati aksi kompetitor. Anda bisa melihat produk/jasa mereka, komplain yang mereka terima, hingga strategi pemasarannya yang unik.

Akan tetapi, pastikan Anda berhati-hati kala melakukannya. Jangan terlalu terlihat agresif sehingga merugikan brand sendiri.

Social Media Monitor 3-Sprout Social

Dari semua langkah yang dilakukan dalam pemantauan social media marketing, Anda sebenarnya akan mendapatkankan beragam data penting. Anda bisa mengetahui persepsi hingga pembicaraan tentang brand Anda. Semua akan menjadi dasar strategi marketing yang baik.

Selain itu, Anda tidak perlu terlalu menyita waktu dalam memonitor pemasaran social media yang dilakukan. Cukup hal-hal penting yang dipantau dan Anda masih bisa mengerjakan kegiatan lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s