IMG_20160506_155014

Liburan sebentar lagi tiba. Masak harus ke Bali, Yogyakarta, Malang, Bandung, atau Lombok lagi sih? Selain dijamin ramai dan sumpek, kawasan itu sudah terlalu umum. Kalau mau posting di Instagram soal liburan, bakal enggak seru lagi. Soalnya yang lain juga sudah sering.

Coba pilih ke Balikpapan deh. Kota di Kalimantan Timur ini belum banyak dieksplorasi. Padahal, seru sekali kalau mau mencobanya. Apa saja sih daya tariknya? Cari tahu yuk.

Tiket Relatif Murah

Ini nih hal yang paling menyebalkan kalau masa liburan tiba. Harga tiket naik drastis. Apalagi di daerah-daerah tujuan wisata. Mahal sekali guys!.

Nah, Balikpapan enggak seperti itu. Tiket pesawat ke sana relatif stabil pada masa liburan sekalipun. Malah bisa jadi lebih murah.

Mengapa seperti itu? Status sebagai kota bisnis penyebabnya. Saat liburan, Balikpapan malah cenderung sepi. Enak sekali kan bisa ke mana-mana tanpa macet. Bonusnya, kalau memilih naik pesawat, kalian akan melihat bandara terkeren di  Indonesia di sana.

Melihat Kota Terbersih di Indonesia

Balikpapan itu sejatinya bukan ibukota Provinsi Kalimantan Timur. Tapi, kota ini malah paling maju di sana. Maklum saja, keberadaan tambang minyak membuat Balikpapan berkembang pesat.

Itu pula yang bikin Balikpapan punya duit buat mengurusi kotanya. Alhasil, pemerintahnya yang peduli banget dengan kebersihan bisa konsisten menjaga kota.

Maka, saat menyusuri jalanan Balikpapan, mata terasa adem. Jalanan bersih, jarang sekali ada sampah. Beda banget sama Jakarta atau kota-kota lain di Indonesia.

Enggak aneh pula, Balikpapan kerap dipandang sebagai kota terbersih di Indonesia.  Buktinya Kota Minyak ini pernah dipilih sebagai kota terbersih di ASEAN pada dalam penghargaan ASEAN Environmentally Suistainable Cities (ESC.) Dahsyat kan.

IMG_20160508_110241

Suasana Spesial Teluk Balikpapan

Balikpapan terletak di pinggir pantai. Tapi, jangan berharap pantainya indah seperti di Raja Ampat. Teluk Balikpapan tidak secantik itu, tapi tetap saja punya suasana spesial.

Coba saja menyewa kapal dan menelurusinya sejenak. Di sana ada pemandangan unik lho. Banyak sekali kilang minyak yang beroperasi. Suasana seperti itu pasti jarang kalian lihat dan jadi sumber informasi baru.

Kalau melakukannya, lebih baik pada siang hari. Saat itu, kalian bisa menemukan Pulau Pasir. Ini adalah pulau yang muncul hanya ketika air sedang surut. Seru sekali kalau beruntung menemukannya. Kalian serasa berjalan di atas air. Tentu saja pasir putih dan air hijau tosca di sekitarnya sangat Instagrammable.

Pesta Makan Kepiting Terenak

Sebagai kota pantai, andalan kuliner khas Balikpapan jelas saja sea food. Masak makanan lain. Paling menggiurkan tentu saja kepitingnya. Di sana ada sekian banyak restoran yang menjual kepiting ezat.

Satu yang paling terkenal ialah restoran Kepiting Kenari. Menu andalannya adalah kepiting lada hitam. Air liur pasti bakal menetes ingin merasakannya. Bumbunya itu lho begitu meresap dan gurih.

Selain itu, coba saja restoran Kepiting Dandito. Kalau di sini, menu andalannya ialah kepiting soka. Masakannya endes abis dengan cangkang yang lembut. Rugi kalau tidak mencobanya.

IMG_20160507_140555

Melihat Beruang Madu Lucu

Siapa yang enggak gemas melihat beruang madu yang lucu itu. Tingkah polahnya konyol dan mengundang tawa. Kalau ke Balikpapan, kalian bisa melihat para beruang madu itu kawasan penangkarannya.

Di sana beruang madu dipelihara dan dibiarkan hidup bebas di habitatnya. Tapi, kita bisa melihat polah mereka dari jalanan tangga kayu yang dibuat sekitarnya. Disarankan datang saat jam mereka makan. Dijamin bakal mendapatkan pemandangan menarik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s