Buku 1-Pixabay

Ketika masa pensiun tiba, perubahan terjadi di dalam hidup Anda. Semula waktu berjalan seperti terlalu cepat sehingga Anda tidak punya kesempatan untuk “jeda” sedikit pun. Namun, kini, cukup banyak momen luang yang dimiliki. Segeralah saja dimanfaatkan untuk membaca. Pasalnya, banyak manfaat yang tidak disangka-sangka dari kegiatan tersebut.

Masa purnakarya bagi sebagian orang bisa menjadi momen yang menyenangkan. Apalagi bagi Anda yang menggemari bacaan. Kala itu, Anda dapat sesuka hati membaca apa pun yang disukai mulai dari buku sampai beragam jenis berita di koran maupun situs.

Jangan pernah ragu untuk membaca. Sebab, menurut Retire at Home, manfaatnya sangat positif bagi kaum lanjut usia atau pensiunan seperti Anda. Sebelumnya, mereka melakukan riset terhadap dua ribu orang tua yang aktif melakukan beragam kegiatan seperti membacam berolahraga, atau bersosialisasi. Hasilnya sungguh menggembirakan. Sebanyak 38 persen di antara dua ribu orang tersebut memiliki risiko lebih kecil terkena problem di otak karena menjalankan kegiatan tersebut.

Maka, tunggu apa lagi? Ambil buku atau materi bacaan yang Anda sukai. Anda dapat memilih versi cetak atau digital yang sekarang semakin mudah ditemui. Bahkan, beragam bacaan di perangkat elektronik seperti tablet atau telepon genggam malah memiliki manfaat lebih besar.

Asumsi itu berdasar dari riset Johannes Guttenberg University di Mainz, Jerman. Mereka melakukan percobaan untuk melihat respons otak dan pergerakan mata ketika orang membaca lewat tablet, bacaan elektrobik, dan bacaan versi cetak.

Kala melakukannya, para peneliti tersebut membagi subjek riset ke dalam dua bagian, yakni kaum muda berusia 21 hingga 34 tahun. Ada 36 orang dalam ketegori. Selanjutnya mereka juga memasukkan para lanjut usia dengan minimal umur 60 tahun sebanyak 21 orang.

Hasil yang didapat ternyata berbeda dari asumsi kebanyakan bahwa bacaan elektronik dan digital lebih menyulitkan. Kaum muda tidak menemukan kesulitan apa pun ketika membaca dalam dua versi bacaan yang berbeda tersebut. Namun, para orang lanjut usia lebih merasa kesulitan kala membaca bacaan versi cetak.

Dalam dunia digital seperti sekarang, temuan ini jelas menguntungkan bagi Anda. Bacaan digital lebih murah dan kian mudah didapatkan. Namun, kalaupun Anda menyukai versi cetak, tetap tidak ada salahnya. Membaca memiliki manfaat besar bagi orang lanjut usia seperti Anda. Berikut ini beberapa di antaranya.

Gaya Hidup Sehat

Sepintas membaca terlihat seperti kegiatan pasif. Padahal, kenyataan tidak seperti itu. Dalam prosesnya Anda melakukan sejumlah gerakan secara bersamaan seperti menggerakkan mata, tangan, serta otak pada saat yang sama. Ini sejatinya mirip seperti kegiatan fisik yang dipadu dengan “olahraga otak”.

Ketika fisik bergerak, sirkulasi darah meningkat. Ini baik sekali untuk kebugaran fisik. Sementara itu, kegiatan olah otak dalam membaca membuat aliran darah ke ikut melonjak. Hal ini juga berdampak positif karena membantu otak menahan proses penuaan dan mengurangi risiko terkena penyakit saraf.

Bukan hanya itu, membaca juga membuat sel-sel di dalam otak lebih aktif. Lagi-lagi ini bermanfaat besar untuk kaum lanjut usia. Kondisi otak yang aktif akan membantu menahan proses degeneratif yang melanda para orang tua seperti penyakit Alzheimer.

Buku-Pixabay

Meningkatkan Pengetahuan

Tuntutan untuk belajar tidak akan pernah bisa berhenti. Mulai dari anak kecil hingga orang yang sudah kenyang pengalaman seperti Ana tetap diharapkan untuk terus meningkatkan pengetahuan. Bagaiamana cara melakukannya dengan mudah? Membaca adalah salah satu langkahnya yang paling sederhana.

Dengan rajin membaca, ilmu yang Anda miliki kian bertambah. Tentu saja, wawasan Anda bakal semakin luas. Hal ini akan sangat membantu Anda dalam mengambil putusan dengan bijaksana.

Maka, tunggu apa lagi? Segera cari bacaan yang Anda inginkan. Lalu “lahaplah” sebanyak-banyaknya.

Mengurangi Tingkat Stres

Masa pensiun sebenarnya merupakan momen yang menyenangkan. Anda jadi memiliki banyak waktu luang. Daripada mengisinya hanya dengan melamun saja, lebih baik Anda segera mengambil bacaan yang disukai. Membacalah sebanyak mugkin.

Dengan membaca, otak akan bekerja. Pikiran pun teralihkan dari berbagai hal negatif. Perlu disadari terkadang problem sering muncul karena tingkat stres yang tinggi. Kegiatan simpel seperti baca buku menjadi langkah ampuh untuk menanggulanginya.

Memperkuat Pola Pikir Analitis

Seiring pertambahan usia, terdapat penurunan dalam kemampuan otak. Efek nyata bagi para orang tua seperti Anda adalah mudah kehilangan orientasi arah, memori yang menurun, maupun tingkat konsentrasi yang jauh menurun.

Semua sejatinya adalah problem dalam pola pikir analitis. Namun, jangan takut. Cukup hanya dengan membaca Anda bisa mengatasi beragam masalah tersebut. Dengan “melahap” bacaan, sel-sel otak bekerja. Hal itu akan menghambat proses penurunan orientasi, daya ingat, ataupun kemampuan berkonsentrasi yang kerap dialami oleh para lanjut usia.

Menahan Kehilangan Memori

Siapa pun tidak bisa melawan umur yang menua. Hal itu sudah merupakan hal alami. Salah satu efek penuaan yang tidak bisa dihindari oleh siapa pun ialah memori yang mulai memudar. Anda mudah lupa karena daya ingat menurun.

Untuk menahannya, Anda bisa membaca. Sebab, kegiatan ini merupakan salah satu olahraga pikiran yang terbukti mampu menahan penurunan ingatan.

American Association of Neurology sudah membuktikannya. Pada 2009, mereka melakukan riset tentang orang tua yang aktif membaca. Hasilnya sungguh positif. Tingkat penurunan daya ingat mereka yang aktif dalam “menyantap” berbagai bacaan lebih rendah antara 30 hingga 50 persen dibanding yang tidak melakukannya.

Jadi, masih enggan membaca?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s