Sales Conversion 1

Pada akhirnya, semua bentuk kegiatan pemasaran bertujuan untuk membantu penjualan, tak terkecuali inbound marketing.  Menjalankannya diharapkan mampu mendongkrak sales. Oleh sebab itu, sales conversion sangat penting.

Inbound marketing memang mampu menggiring calon konsumen masuk ke sales funnel. Namun, untuk memastikannya, diperlukan sejumlah langkah untuk mengoptimalkan proses konversi dari strangers menjadi konsumen. Hal itu penting dalam memastikan sales conversions terjadi.

Apa saja langkah optimisasi sales conversion dalam inbound marketing? Berikut ini enam hal yang dapat Anda lakukan.

  1. Mulailah Mempelajari Visitors Heatmap

Untuk memastikan sales conversions tercipta dalam inbound marketing, Anda harus mulai mempelajari visitor heatmap. Hal ini wajib dilakukan supaya Anda tahu persis kegiatan pengunjung website.

Dari situ, Anda dapat melihat bagian mana yang sering didatangi pengujung dan area mana yang tidak disukai. Semua membantu pemahaman terhadap costumer experience secara nyata.

Ketika melakukannya, ada tiga hal yang patut Anda cermati:

Area Page yang Membingungkan

Mungkin Anda akan menemukan page yang mendapat jumlah klik yang banyak, padahal sejatinya tidak bisa diklik. Itu bisa terjadi karena area itu membingungkan. Anda bisa memperbaikinya untuk membuat proses konversi optimal

Content yang Disukai

Ketika memproduksi content, Anda mungkin sudah memiliki asumsi tentang yang bakal menjadi kesukaan orang. Namun, visitor heat maps bakal membuktikan apakah perkiraan Anda tepat atau tidak. Tahu persis content yang disukai bakal memudahkan sales conversion terjadi.

Kesalahan Penempatan

Saat merancang website, Anda sudah mengatur bagian yang dianggap bakal mendapat perhatian besar dari pengunjung. Analisis visitors heatmap akan membantu Anda untuk melihat apakah rancangan Anda tepat. Bisa jadi ada kesalahan penempatan sehingga area yag Anda prioritaskan justru tidak sering dikunjungi.

  1. Cobalah Untuk Memakai Warna Berbeda di CTA

 

Langkah dalam mengoptimalkan sales conversions dalam inbound marketing ini mungkin terlihat sepele. Namun, manfaatnya sungguh besar. Anda bisa mencoba untuk melakukan eksperimen hasil penggunaan warna berbeda dalam tombol call to action (CTA).

Warna A bisa jadi akan menghasilkan jumlah yang berbeda dibanding warna B. Anda harus membuktikannya sendiri. Jangan langsung meyakini bahwa warna merah dan oranye yang selama ini dipercaya sebagai warna paling bagus untuk mengangkat CTA memang berlaku di website Anda.

Tindakan sederhana ini berpeluang untuk meningkatkan konversi yang Anda harapkan.

  1. Tes Headline di PPC

Sales Conversion 3

Headline sangat penting dalam menarik pengujung. Teks headline yang baik bisa mengundang orang untuk melakukan tindakan atau setidaknya mencari tahu tentang content lebih dalam lagi. Anda bisa mengoptimalkan headline untuk meningkatkan sales conversions dalam metode pemasaran inbound.

Disarankan Anda melakukannya di kegiatan pay per click (PPC)yang Anda lakukan. Pasalnya, selain Anda mesti membayar, PPC seharusnya mendatangkan traffic yang tinggi sehingga Anda tahu efektivitas headline yang dibuat.

Cobalah membuat headline berbeda-beda dan temukan respons pengunjung. Untuk membuat headline yang baik, ada beberapa aspek yang mesti diperhatikan:

  1. Fokus ke Benefit: Headline harus menunjukkan keuntungan yang ditawarkan.
  2. Bersifat deskriptif: Headline bisa menjabarkan produk atau jasa yang ditawarkan dengan baik.
  3. Emosional: Headline bisa menyentuh emosi pihak yang Anda sasar.
  4. Sesuaikan Dengan Iklan: Headline bisa menggambarkan hal yang dicari orang, jasa/produk, serta content landing page secara bersamaan.
  5. Melakukan Split Test Di Landing Pages yang Paling Sering Dikunjungi

Landing pages memiliki peran signifikan dalam sales conversions. Anda bisa mengoptimalkannya untuk mendapatkan tingkat konversi yang diharapkan. Caranya sederhana, Anda bisa melakukan split test di landing pages yang paling sering dikunjungi.

Anda bisa membuat desain yang berbeda-beda di landing pages tersebut. Lalu, silakan analisis hasilnya. Mungkin saja ada salah satu desain akan menghasilkan traffic yang lebih tinggi.

Anda baru bisa mengetahui semua itu sesudah melakukan split test. Sesudahnya Anda bisa menemukan desain terbaik untuk semakin mengoptimalkan landing pages. Ingat, traffic yang tinggi berpeluang meningkatkan tingkat konversi yang diincar.

  1. Buat Teks Headline Email yang Berbeda

Jangan menyepelekan email dalam optimalisasi inbound marketing. Anda bisa memanfaatkan untuk meningkatkan sales conversion.

Coba saja untuk membuat berbagai jenis teks berbeda di judul email. Anda bisa menggunakan prinsip menulis headline yang baik yang sudah dipaparkan sebelumnya. Bahkan, Anda bisa menambahkan sentuhan personal ke setiap email. Tentu saja ini dapat dilakukan ketika database Anda lengkap.

Tujuan dari langkah ini adalah memperbesar peluang email dibuka. Ketika email yang Anda kirim dibaca, kans untuk terjadi konversi tentu semakin besar.

  1. Mencoba Nurturing Sequence Baru

Sebagai digital marketer, secara tidak sadar Anda sudah punya pola dan kebiasaan tertentu untuk menggiring strangers menjadi konsumen. Ada tahap-tahap yang biasanya selalu dilakukan.

Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih, mengapa tidak mencoba nurturing sequence yang baru? Anda membuat tahapan anyar yang biasanya tidak pernah dilakukan. Bisa jadi hasilnya justu lebih baik dari pola lama. Sales conversions meningkat pesat.

 

Sejumlah langkah untuk mengoptimalkan inbound marketing dalam meningkatkan sales conversion sudah Anda ketahui. Kini, saatnya Anda mempraktikkannya. Tidak perlu menunda-nunda karena sekarang adalah waktu terbaik untuk segera memulai.

Satu tanggapan untuk “6 Langkah Meningkatkan Sales Conversion Dalam Inbound Marketing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s