Dana Pensiun 2 - Pixabay

Masa pensiun sejatinya merupakan momen menyenangkan. Anda bebas dari pekerjaan berat yang mengimpit sehari-hari dan punya kesempatan melakukan apa pun yang disukai. Namun, supaya purnatugas menjadi saat-saat yang menggembirakan, persiapan dana pensiun menjadi kunci.

Alasan di baliknya sebenarnya sama dengan apa pun. Persiapan yang baik tidak akan mengkhianati hasil. Semakin lama orang bersiap, maka buah yang diperoleh pasti jauh lebih baik. Tak terkecuali dengan mempersiapkan masa pensiun yang aktif, sehat, serta sejahtera yang diimpikan oleh orang kebanyakan.

Untuk mewujudkan momen pensiun idaman, persiapan dana pensiun menjadi hal krusial. Anda harus mempersiapkannya dengan baik. Tapi, kapan harus mulai menyiapkannya?

Ada aturan utama terkait persiapan yang juga berlaku dalam apa pun termasuk dana pensiun. Lakukan secepat mungkin. Tidak perlu menunda-nunda. Kalau perlu, sekarang Anda mesti segera mulai menyiapkannya.

Ketika Anda baru mulai bekerja untuk pertama kali, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan dana pensiun. Itu justru akan lebih baik. Banyak yang menyarankan Anda melakukannya sejak usia 20 tahunan.

Namun, mungkin saja ada hambatan yang mengganggu sehingga belum bisa melakukannya saat itu. Bisa saja masih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi seperti biaya sekolah anak, perbaikan rumah, atau apa saja. Terkait hal tersebut, Anda tidak boleh memaksakan diri.

Anda tetap harus memilah dengan memprioritaskan kebutuhan yang lebih mendesak. Pasalnya, dana pensiun memiliki kelonggaran karena dapat dipersiapkan dalam jangka waktu yang lebih lama. Dengan kata lain, dana pensiun masih bisa menunggu namun tetap tidak boleh dilupakan.

Soal jumlah dana yang mesti disiapkan, semua terpulang kepada kemampuan masing-masing. Semakin banyak yang disisihkan, tentu bertambah baik. Aturan umum terkait besaran simpanan dana pensiun biasanya berkisar antara sepuluh hingga dua puluh persen dari penghasilan. Dalam rentang persentase tersebut, jumlahnya bisa kian kecil jika Anda memulainya sejak dini.

Akan tetapi, besaran dana pensiun terkait kembali ke diri Anda sendiri. Bagaimana gaya hidup Anda nanti setelah pensiun serta harapan dan keinginan Anda akan berpengaruh.

Satu hal yang pasti, uang pensiun yang Anda peroleh jangan dijadikan sandaran utama untuk hidup. Sebab, dari tahun ke tahun, inflasi kian meningkat. Dana yang Anda bayangkan bernilai besar pada saat ini, belum tentu punya nilai sepadan pada masa mendatang ketika saat bekerja telah usai.

Oleh karena itu, persiapan dana pensiun sejak dini sangat penting. Semakin cepat mempersiapkannya, bertambah besar kemungkinan bagi Anda untuk merasakan momen purnatugas sejahtera.

Dana Pensiun - Pixabay

TRIK MEMPERSIAPKAN DANA PENSIUN

Mempersiapkan dana pensiun tidak sesulit yang dibayangkan. Lebih penting justru adalah kemauan dan tekad serius untuk menyiapkannya. Ada beberapa trik yang dapat Anda coba untuk melakukannya.

Siapkan Tabungan Khusus

Berbeda dengan kewajiban yang harus dipenuhi seperti membayar utang, menyiapkan dana pensiun perlu niat keras. Anda harus mau menyisihkan sebagian penghasilan untuk menabung. Dana itulah yang nantinya dapat digunakan sebagai bekal untuk masa pensiun nanti.

Besaran tabungan sejatinya bisa disesuaikan dengan kemampuan. Namun, ada “rumus” pengelolaan keuangan populer dari LearnVest yang dapat ditiru. Mereka memperkenalkan konsep 50/20/30.

Ini dimaksudkan sebagai menggunakan 50 persen penghasilan untuk pemenuhan kebutuhan hidup mendasar dan 30 persen untuk gaya hidup yang diinginkan. Sisa 20 persen digunakan untuk tabungan jangka panjang. Inilah yang dapat Anda pakai sebagai tabungan dana pensiun.

Ikutilah Program Dana Pensiun

Supaya pensiun dilewati dengan sejahtera, coba saja untuk mengikuti program dana pensiun. Banyak pihak yang menawarkan jasa terkait hal ini. Pada prinsipnya, ini mirip dengan tabungan berjangka. Anda menyimpan sejumlah dana ke sebuah lembaga yang tidak dapat diambil sewaktu-waktu. Anda baru bisa menikmatinya saat masa purnatugas hadir.

Biasanya, semakin dini memulainya, besaran simpanan semakin kecil. Sebagai contoh jumlah simpanan ketika Anda berumur 40 tahun akan jauh lebih besar dibanding saat Anda baru menginjak usia 30 tahunan.

Dengan mengikuti program seperti ini, Anda bisa mengatur pencairan dana sesuka hati. Anda dapat mendapatkannya per bulan mirip seperti penghasilan kala masih bekerja atau malah ingin dikucurkan sekaligus di awal. Ada banyak opsi yang dapat dipilih.

Mulailah Berinvestasi

Bekal untuk pensiun tidak melulu berupa tabungan dana. Anda dapat juga mempersiapkan diri melewati masa purnatugas dengan sejahtera lewat investasi. Terdapat banyak pilihan investasi yang dapat Anda pilih sendiri seperti properti, reksadana, logam mulia, atau saham.

Akan tetapi, patut diingat, setiap investasi pasti memiliki risiko. Karena persiapan pensiun merupakan tujuan jangka panjang, Anda disarankan jangan terlalu “berani”. Selain itu, diharapkan untuk tidak memaksakan diri agar pemenuhan kebutuhan jangka pendek tidak terganggu.

 

Masa pensiun harus disiapkan dengan baik. Memiliki dana sebagai bekal untuk melewatinya merupakan keharusan. Disarankan Anda segera memulainya sejak dini. Ketika Anda bekerja dan memiliki penghasilan, saat itulah Anda harus berpikir panjang menatap masa pensiun. Semua demi momen indah pada saat mendatang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s