Cara Buat Hashtag Bagus

Dalam era social media marketing, hashtag sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan. Jika ingin sukses dalam pemasaran social media, bagaimana cara buat hashtag bagus mesti diketahui.

Jangan pernah remehkan manfaat hashtag yang bagus. Sebuah analisis menyatakan bahwa kesuksesan Donald Trump mengalahkan Hillary Clinton dalam pemilihan Presiden Amerika Serikat 2016 tak lepas dari kampanye di media sosial dengan hashtag yang kuat.

Kala itu, Trump menggunakan hashtag  # MakeAmericaGreatAgain dengan meminjam slogan lama mantan Presiden Ronald Reagan. Ia konsisten memakainya dalam setiap kesempatan sehingga Medium mencatatnya sebagai hashtag politik terkuat pada 2016.

Selain itu, #MakeAmericaGreatAgain memiliki semua unsur yang dibutuhkan untuk menciptakan hashtag yang bagus. Ini tidak dimiliki oleh Clinton. Selain tidak punya hashtag yang konsisten, semuanya tidak memiliki karakteristik yang apik untuk mencuri perhatian, misalnya #I’mWithHer hingga #HillaryClinton.

Semua menunjukkan bagaimana cara buah hashtag bagus perlu dikuasai. Pasalnya, hal itu sangat penting social media marketing.

 

KAPAN PERLU MEMBUAT HASHTAG?

Hashtag membuka kesempatan bagi brand untuk meningkatkan engagement dengan konsumennya. Selain tu, hashtag juga memungkinkan sebagai call to action bagi audiensnya. Namun, tidak perlu setiap saat membuat hashtag. Ada beberapa momen tertentu yang pas dimanfaatkan untuk meluncurkan sebuah hashtag.

  • Momen promosi.
  • Ketika ada
  • Peluncuran produk.
  • Membuka peluang kerja.
  • Diskusi cross-channel.

 

MANFAAT MEMBUAT HASHTAG

Bagi brand, banyak manfaat yang bisa dipetik ketika bisa menciptakan hashtag yang kuat. Kegiatan social media marketing yang dilaksanakan akan mendapat keuntungan besar dari hashtag yang kuat.

Optimisasi Pencarian: Hashtag sebenarnya termasuk pencarian organik untuk content. Memiliki hashtag akan membuat brand Anda mudah ditemukan di search engine.

Meningkatkan Traffic: Kalau mudah ditemukan, otomatis kunjungan ke website Anda akan meningkat, Ujung-ujungnya adalah peningkatan traffic.

Showcase Duta Brand: Duta brand diklaim oleh Nielsen lebih dipercaya oleh konsumen. Hashtag bisa menjadi “showroom” bagi mereka.

Menakar Kegiatan: Hashtag dapat dimanfaatkan oleh brand dalam mengukur kegiatan social media marketing. Brand bisa mendapatkan masukan yang bagus jika mau menganalisis hashtag.

Kerjasama Antarplatform: Dalam pemasaran social media, hashtag memungkinkan kegiatan dilaksanakan di berbagai platform berbeda. Hashtag dapat mempersatukannya.

Cara Buat Hashtag Bagus 2

CARA MEMBUAT HASHTAG YANG KUAT

Setelah tahu arti penting dan manfaatnya, kini saatnya masuk ke bagaimana cara buat hashtag yang bagus. Pertama-tama Anda mesti menentukan tujuan pembuatannya. Sesudah itu, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini.

Tentukan Media Sosial yang Dipakai

Anda harus menentukan media sosial mana saja yang hendak digunakan. Meski begitu, pada dasarnya hashtag bisa digunakan di semua social media. Namun, ada karakteristik khusus yang mesti dicermati.

Hashtag di Twitter: Hashtag dimulai oleh Twitter. Tak heran, banyak yang memakainya karena sangat berguna dalam social media marketing. Pasalnya, Twitter memiliki fitur pencarian hashtag yang memudahkan pengguna dalam mencari. Disarankan untuk membuat hashtag yang “timeless”, unik namun mencerminkan brand Anda.

Hashtag di Instagram: Hashtag di Instagram memudahkan Anda untuk ditemukan. Instagram menginzinkan hingga 30 hashtag dalam satu posting. Namun, hashtag di sana tidak bisa digunakan untuk kegiatan pemasaran social media multiplatform.

Hashtag di Facebook: Berkebalikan dengan Instagram, jumlah hashtag di Facebook disarankan sedikit. Brand lebih baik membuat satu atau dua saja karena lebih diklaim oleh Surepayroll lebih efektif. Di Facebook, hashtag dikategorikan berdasarkan popularitas dan tanggalnya, namun brand bisa mencari siapa yang posting dan tagged location.

Kreatif Dalam Pemilihan Kalimat

Dalam membuat hashtag, Anda dituntut kreatif, namun tetap jangan berlebihan. Anda harus membuatnya dalam nada positif karena bakal digunakan untuk berinteraksi dengan audiens.

Ada beberapa prinsip yang mesti dipegang dalam membuat kalimat. Hashtag disarankan untuk pendek, mudah diingat, senada dengan brand, bersifat eksklusif untuk brand Anda, fokus ke satu pesan, hingga unik.

Berisi Pesan Sederhana

Hashtag yang kuat justru tidak bertele-tele. Isinya mencerminkan pesan yang dimaksud. Kalau terlalu kompleks bisa jadi pesan yang disampaikan tidak akan diterima dengan baik oleh audiens.

Kreatif boleh, namun mesti senada dengan pesan. Buatlah hashtag sesimpel mungkin supaya mudah ditemukan.

Mengundang Aksi

Bagaimana cara buat hashtag bagus terkait dengan tindakan yang diharapkan. Isi hashtag wajib mengajak orang untuk melakukan sebuah aksi. Nadanya mirip call to action.

Untuk mendapatkannya, cobalah hashtag yang berisi beberapa hal seperti berisi pertanyaan atau mengingatkan urgensi. Selain itu, hashtag yang mengundang emosi dan engagement juga dirasa baik.

Cek Ulang Hashtag yang Sudah Dibuat

Setelah membuat hashtag, Anda tetap harus melakukan cek ulang. Pasalnya, bisa jadi ada kesalahan yang dibuat. Selain itu, tidak ada salahnya untuk memeriksanya di setiap media sosial karena tren yang ada bisa berbeda-beda.

Bukan hanya itu, baca ulang supaya tidak ada ruang untuk salah persepsi terhadap pesan yang hendak disampaikan. Mungkin saja ada “pesan tersembunyi” yang di sana. Padahal, Anda tidak berniat untuk menyampaikannya. Bisa juga muncul makna ganda yang berakibat merugikan bagi brand. Hashtag tidak akan kuat.

Terus Pantau Hasilnya

Hashtag yang sudah dibuat harus dimonitor. Ini penting memastikan semua sudah sesuai jadwal. Misalnya kapan harus melepasnya di Twitter, Facebook, atau Instagram.

Selain itu, memonitor hashtag juga bakal berguna untuk melihat perkembangannya. Anda dapat melihat mana yang efektif atau tidak. Ini akan bermanfaat sebagai masukan sekaligus koreksi atas kesalahan yang telah dilakukan.

 

Bagaimana cara buat hashtag bagus sudah Anda ketahui. Kini saatnya Anda mempraktikkan untuk kegiatan social media marketing supaya sukses.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s