Pengalaman Kerja - Pixabay

Selesai menjalani masa kerja bukannya tidak bisa produktif. Salah besar. Jika jeli, para pensiunan malah bisa membuat lahan bisnis baru. Salah satunya dengan memanfaatkan pengalaman kerja yang dimiliki.

Anda mungkin telah menekuni sebuah bidang secara konsisten sejak lama. Bisa jadi, bidang kerja Anda dari pertama kali mendapatkan pekerjaan sama sampai saat pensiun. Secara tidak langsung, hal itu membuat Anda memiliki skill mumpuni dalam bidang tersebut. Singkat kata, Anda bisa disebut sebagai pakar.

Kalaupun tidak terus di bidang yang sama, bukan berarti tingkat kepakaran Anda berkurang. Malah sebaliknya, wawasan Anda semakin luas karena menekuni ragam pekerjaan berbeda. Lagi-lagi, pengalaman kerja Anda yang panjang merupakan hal yang berharga. Pasalnya, belum semua orang bisa menjalaninya seperti Anda.

Oleh karena itu, jika tertarik untuk membuka bisnis atau mencari kegiatan produktif untuk memanfaatkan waktu luang pada masa pensiun, pengalaman kerja Anda dapat dikedepankan.

Untuk memulainya, Anda disarankan mencari yang benar-benar dikuasai. Selain itu, pilahlah yang kira-kira masih dibutuhkan oleh berbagai pihak pada masa kini. Ingat, situasi pada zaman dulu mungkin telah berbeda dibanding sekarang. Maka, temukan yang bersifat menjual.

Ketika sudah menemukannya, segeralah “menyulapnya” menjadi lahan bisnis. Ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk memanfaatkan kemampuan Anda sebagai pakar dalam bidang tertentu menjadi hal produktif.

Menjadi Pengajar

Anda memiliki pengalaman panjang dalam sebuah bidang. Selama itu, beragam problem pasti Anda lewati. Anda telah mengetahui cara dan trik untuk melaluinya. Mengapa tidak membaginya kepada publik?

Anda bisa membuka jasa konsultansi. Reputasi Anda sebagai mantan profesional dalam bidang tertentu akan memudahkan semuanya. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan relasi yang dimiliki untuk memulainya.

Kala melakukannya, Anda bisa melakukan dengan sistem yang Anda sukai. Mungkin Anda senang mengerjakan dengan basis per proyek atau justru senang dibayar per jam. Anda dapat pula bekerja dengan sistem paruh waktu jika tidak mau terikat di suatu tempat terus-menerus.

Namun, untuk melakukannya, Anda mesti memiliki kemampuan untuk mengajar. Paham sebuah bidang secara mendalam tidak cukup. Anda wajib mempunyai kecakapan untuk menjelaskannya kepada pihak lain. Hal itu yang akan membuka pintu rezeki baru bagi Anda.

Pengalaman Kerja 1 - Pixabay

Menciptakan Sistem Kerja

Pengalaman panjang dalam bekerja seharusnya membuat Anda ahli dalam bidang tertentu. Anda pun sudah bisa mengajarkannya kepada pihak lain. Namun, terkadang, orang hanya memahaminya saja tanpa tahu cara mempraktikkannya secara nyata.

Kalau itu terjadi berarti peluang besar terbuka bagi Anda untuk membuka bisnis baru. Anda dapat menciptakan sistem kerja supaya dapat dijalankan oleh pihak lain. Hal itu bisa dilakukan karena Anda sudah paham seluk-beluk sebuah bidang secara mendetail.

Untuk itu, ciptakan kerangka kerja yang konkret agar bisa dilakukan oleh orang lain. Menurut seorang pakar strategi produk dan sekaligus pembicara asal Amerika Serikat, Chris Lema, ada dua langkah yang dapat dilakukan untuk menciptakan sistem pekerjaan yang mudah dijalankan.

Pertama Anda bisa memilih yang bebasis fase. Anda mengkreasi sebuah pekerjaan menjadi beberapa fase. Anda menjelaskan secara detail apa yang harus dilakukan, tantangan yang ada di setiap fase, serta cara melewatinya. Lalu, biarkan pihak lain melakukannya. Sistem ini akan mudah dipahami oleh pihak lain karena membuat mereka menyadari ada proses transisi yang terjadi.

Selanjutnya, Anda dapat pula menciptakan sistem kerja langkah per langkah. Ini juga simpel. Anda menunjukkan cara bekerja yang benar dengan detail per langkah. Orang akan merasa mendapat panduan sehingga bisa melakukannya sendiri.

Mengkreasi Produk Sendiri

Lama bekerja di sebuah bidang membuat Anda tahu lebih dalam. Misalnya Anda memahami cara memproduksi produk. Anda mengerti benar mulai dari cara pencarian bahan, teknik pembuatan, hingga cara pemasarannya.

Mengapa ini tidak Anda manfaatkan? Anda bisa membuat produk sendiri. Hasilnya dapat dijual sebagai sumber pendapatan baru. Bisa jadi ini malah bisnis besar bagi Anda.

Kalaupun memang sudah hendak beristirahat dan menikmati masa pensiun, Anda tetap bisa menciptakan “produk”.  Jika senang menulis, Anda bisa membagikan tips dan trik tentang bidang tertentu menjadi sebuah buku. Anda bisa menjualnya.

Jikapun kurang suka menuliskannya sendiri, Anda dapat meminta bantuan pihak lain untuk melakukannya. Anda hanya tinggal menjelaskan “ilmu” yang dimiliki dan orang lain yang menjadikannya sebagai bacaan.

Memiliki produk seperti buku seperti itu bisa semakin meningkatkan reputasi Anda. Ini membuka peluang anyar lagi. Anda bisa dipercaya sebagai konsultan, pembicara, atau membuka jasa pelatihan. Sangat menarik bukan?

 

Anda telah bekerja sekian lama sebelum pensiun. Seluk-beluk bidang tertentu pasti Anda kuasai. Segera saja cari mana yang paling menjual dan ubah menjadi lahan bisnis. Saat itu, Anda bisa menghasilkan uang. Bersamaan dengan itu, Anda juga dapat berbagi ilmu kepada pihak lain. Hal ini merupakan sebuah sumbangan berharga yang tidak bisa dinilai hanya dengan rupiah belaka.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s