Anak bermain di luar ruangan

Selama ini banyak pihak yang percaya cara untuk meningkatkan kecerdasan anak hanya dengan memberinya pelajaran di dalam kelas. Anak diajari beragam hal terus-menerus di dalam ruangan. Sementara, saat-saat di luar ruangan seperti berolahraga atau main di alam hanyalah sarana untuk menjaga kesehatan.

Ternyata pandangan tersebut tidak sepenuhnya tepat. Bermain di luar ruangan juga dapat membuat anak pintar dan cerdas. Hal itu sudah dibuktikan lewat tes yang dinamai sebagai digit span yang dilakukan oleh seorang psikolog asal Amerika Serikat bernama Lara Honos-Webb.

Ketika melakukan riset, Honos-Webb meminta sejumlah anak menghapal sejumlah angka yang dia bacakan kepada mereka. Ia akhirnya menemukan fakta bahwa tingkat perhatian anak meningkat setelah diajak berjalan kaki di alam setidaknya selama 20 menit.

Fakta itu menunjukkan bahwa alam punya kemampuan ajaib untuk membantu meningkatkan kecerdasan anak. Ada banyak teori terkait hal tersebut. Salah satunya ialah yang disebut biophilia.

Teori ini mempercayai bahwa pada dasarnya otak manusia berkaitan erat dengan alam.  Otak berovolusi dan berkembang bersamaan dengan alamnya. Maka, ketika “terlepas” dari alam seperti hanya terus memandangi layar gawai atau televisi, otak bakal tegang. Namun, kondisi itu bisa diredam dengan berada di luar ruangan.

Melihat hal tersebut, tidak ada salahnya untuk membiarkan anak bermain di luar ruangan. Sistem pendidikan di Finlandia bisa menjadi contoh. Negeri yang terkenal memiliki tingkat pendidikan baik itu malah sering sekali membiarkan anak bermain di luar ruangan. Bayangkan saja, usai belajar di dalam kelas selama 45 menit, mereka pasti menyediakan waktu istirahat di luar ruangan selama 15 menit.

Agar bermain di luar ruangan bisa menjadi sarana meningkatkan kecerdasan secara optimal, disarankan untuk membiarkan anak melakukan permainan bebas. Biarkan mereka mencari dan mengarahkan mainannya sendiri. Anak bisa saja mengeksplorasi alam dengan mencari tahu apa pun atau sekadar bergerak. Semua itu positif.

Orang tua seperti Anda hanya bertugas untuk mengawasinya agar keamanan anak terjamin. Selain itu, tidak ada salahnya memberi ide permainan kepada anak ketika mereka sudah bosan atau bingung kala bermain di luar ruangan. Selamat mencoba.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s