Facebook 2

Facebook merupakan media sosial terpopuler. Seiring dengan arti penting social media untuk marketing, peran pemasaran Facebook kian penting. Apalagi ada data yang memperlihat pengaruh teknik pemasaran melalui Facebook bagi konsumen.

Pada 2015, The DigitasLBi Connected Comission melakukan riset kepada seribu orang dewasa di 17 negara. Mereka menemukan pengaruh besar pemasaran Facebook. Sebanyak 52 persen pembelian online atau offline ternyata dipengaruhi oleh Facebook. Pengaruh itu meningkat dari tahun 2014 yang hanya mencapai 36 persen.

Fakta ini menunjukkan teknik pemasaran Facebook sangat vital. Oleh karena itu, mengetahui cara pemasaran Facebook amat penting. Menguasainya bisa membuat marketer bisa mengambil manfaat Facebook untuk marketing dengan maksimal.

Apa saja yang perlu dilakukan untuk mengoptimalkan pemasaran Facebook? Terdapat tujuh langkah utama yang bisa dijalankan.

 

Mengoptimalkan Facebook Page untuk SEO dan Likes

Facebook Page merupakan titik awal dari kegiatan pemasaran Facebook. Idealnya Facebook Page membuat bisnis Anda mudah ditemukan di mesin pencari atau Faebook sendiri.  Seharusnya Facebook Page juga menarik. Ini penting supaya calon konsumen atau pelanggan mau melakukan like di sana.

Untuk melakukannya, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan:

Pilih username yang deskriptif dan mudah diingat: Username yang dibuat harus mampu menggambarkan brand dan bidang bisnis dengan baik supaya mudah ditemukan di Google atau Facebook.

Gunakan keyword deskriptif di area About: Area About di Facebook merupakan tempat memaparkan brand. Pastikan untuk memakainya untuk menjelaskan bidang dengan akurat. Masukkan kata kunci yang biasa dipakai oleh orang untuk mencari produk/layanan brand. Selain itu, cantumkan URL website di sana.

Tentukan Kategori yang Tepat: Memilih kategori yang benar-benar cocok dalam bidang bisnis sangat penting. Tentukan yang benar supaya bisa muncul dalam Facebook Graph Search.

Optimalkan Gambar: Cover photo dan profile photo merupakan hal yang dilihat pertama kali di Facebook Page. Maka, pastikan foto yang dipasang terkesan profesional dan dengan ukuran tepat.

Manfaatkan Pinned Post: Biasanya orang hanya mengunjungi wall Facebook Page sekali saja. Oleh karena itu manfaatkan secara optimal untuk menarik like. Menggunakan pnned post bisa dipakai sebagi trik. Cari post yang dirasa paling unik dan menarik untuk dipasang di sana.

 

Menggunakan Facebook Untuk Membuat Ikatan Dengan Target

Facebook membuka beragam kesempatan. Marketer bisa memanfaatkannya untuk membuat engagement dengan target pasar yang diincar. Menggunakan Facebook Page untuk memberikan informasi yang berharga dapat meningkatkan kredibilitas dan membuat brand dipandang sebagai pemegang otoritas.  Ujungnya sangat bagus dalam pemasaran.

Selain itu, membuat grup Facebook sendiri juga bisa efektif dalam menjalin relasi dengan konsumen. Brand bisa berinteraksi secara personal dan intens dengan calon konsumen hingga pelanggan. Buahnya adalah ikatan yang kuat antara brand dan audiensnya.

Bukan hanya itu, marketer juga bisa berpartisipasi di grup lain yang berada di bidang industri yang sama. Di sana marketer dapat memberikan tips dan trik serta masukan berharga. Konsisten melakukannya bakal membuat citra marketer terangkat. Marketer kian dipercaya. Ini juga akan berpengaruh terhadap pemasaran.

 

Dorong Social Sharing Dengan Facebook Button dan Plugin

Marketer sering memanfaatkan Facebook untuk mendorong traffic ke website atau blog. Content dibagikan di sana dengan harapan bakal dikonsumsi oleh audiens. Namun, dalam teknik pemasaran Facebook masih ada hal lain yang perlu dilakukan. Cobalah untuk mendorong agar content dibagikan oleh audiens.

Social sharing semacam itu bisa didorong dengan mempermudah audiens untuk membagikannya. Cukup taruh like dan share button di setiap content yang diproduksi. Marketer dapat memanfaatkan layanan dari pihak lain seperti AddThis atau menggunakan plugin dari WordPress.

Sementara itu, Anda bisa memasang Page Plugin di Facebook Page. Dengan plugin ini, audiens kian mudah berinteraksi dengan brand. Mereka bisa memberi like atau mengetahui inti content yang dibagikan.

Facebook

Usahakan Posting Dilihat Oleh Orang Banyak

Ketika mempraktikkan pemasaran Facebook, hasil yang didapat bisa terlihat. Jumlah orang yang melihat suatu post dapat dihitung. Semakin banyak, jelas makin berpengaruh positif untuk marketer.

Supaya post selalu dilihat oleh orang banyak, ada beberapa trik yang dapat dilakukan:

Manfaatkan video: Video terbukti memimpin dalam organic search. Menurut data dari Socialbakers yang melakukan riset pada Oktober 2014 hingga Februari 2015, organic search yang diperoleh video paling tinggi. Jumlahnya mencapai 8,71 persen, unggul dari teks yang hanya sebesar 5,77 persen.

Lakukan Analisis Secara Teratur: Disarankan untuk melakukan evaluasi performa Facebook Page berkala secara teratur. Ini diperlukan untuk menemukan content yang mendapat reaksi positif atau negatif dari audiens.

Buat cerita menarik untuk content promosi: Sejak 2014, Facebook semakin membatasi content yang terlalu bersifat promosi. Untuk menyiasatinya, buatlah kisah yang  menarik agar mengurangi sifat promosi content.

 

Perhitungkan Waktu dan Kuantitas Post

Sering dikatakan bahwa ada waktu terbaik untuk melakukan post di Facebook. Kamis dan Jumat pukul 13.00 hingga 15.00 salah satu yang dinilai efektif. Namun, itu tidak bersifat mutlak. Setiap brand memiliki audiens dengan kegemaran berbeda-beda. Hal ini bakal berpengaruh dalam penentuan waktu post. Lebih baik amati dan cari tahu waktu yang pas untuk audiens Anda sendiri.

Sementara itu, jumlah post juga bakal berpengaruh dalam pemasaran Facebook. Terlalu sedikit tidak akan membuat ikatan dengan audiens. Sebaliknya, jika terlalu banyak, audiens juga tidak akan terlal peduli.

Menurut Social Bakers, brand disarankan untuk membuat post antara lima hingga sepuluh kali per pekan. Ini adalah jumlah ideal bagi brand secara umum, namun bukan tak mungkin ada brand yang menuntut post lebih banyak.

 

Manfaatkan Post Berbayar

Menjalankan teknik pemasaran melalui Facebook secara gratis mungkin sekali dilakukan. Namun, jika ingin menambah jumlah like dan meningkatkan jangkauan, tidak salahnya memanfaatkan fitur post berbayar yang dimiliki Facebook.

Ada dua jenis yang dapat dipilih, yakni post boost dan promoted post. Post boost akan menambah jumlah orang yang melihat post di newsfeed. Brand bisa mengatur pihak yang ditarget dengan mudah.

Sementara itu, promoted post lebih rumit, namun efektivitasnya dirasa lebih baik. Area ini bisa diakses dari Facebook Ad Manager.  Anda bisa mengatur pihak yang ditarget dengan lebih detail. Selain itu, marketer juga dapat menentukannya sesuai dengan bujet yang dikehendaki.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s