Rudy Honggowasito 1

Ada sebuah pendapat dalam dunia bisnis terkait generasi pelakunya. Generasi pertama dianggap merintis sebuah usaha. Generasi kedua bakal membesarkannya, namun generasi ketiga yang akan menghancurkannya.

Kebenarannya jelas masih diperdebatkan. Namun Rudy Honggowasito jelas mementahkan pernyataan tersebut. Di tangannya Union Motor melejit menjadi sebuah bengkel mobil terpercaya dan bernama besar di kawasan Tangerang, Banten.

Rudy memulai Union Motor dari sebuah toko sparepart di kawasan Gading Serpong pada 8 Mei 2000. Sebelumnya Rudy pernah bekerja di sebuah perusahaan. Namun, darah wirausahawan yang mengalir di dalam dirinya membuatnya ingin mengelola usaha sendiri. Jadilah ia terjun ke Union Motor. “Saya adalah generasi ketiga,” papar Rudy, Rabu (2/8/2017).

Lambat laun Unior Motor berkembang. Union Motor tidak lagi hanya menjual onderdil dan perlengkapan mobil, melainkan juga melengkapi layanannya menjadi sebuah bengkel. Mereka menawarkan berbagai bentuk perawatan dan perbaikan kendaraan.

Kini Union Motor sangat dikenal sebagai bengkel berkualitas. Ada enam cabang yang dimiliki. Selain itu, mereka juga mampu mempekerjakan 129 karyawan.

Bukan hanya itu, di bawah kendali Rudy, Union Motor juga mendapatkan predikat authorized workshop dari Denso. Label ini tidak sembarangan karena didapat melalui proses yang panjang. Namun, langkah itu tidak sia-sia karena berarti Union Motor dijamin mampu memahami dan mengerti benar tentang seluk-beluk sparepart kendaraan khususnya Denso.

Sungguh menarik melihat cara Rudy membesarkan Union Motor.  Ia memulainya dengan susah payah. Bayangkan saja, dulu ketika masih hanya berjualan onderdil kendaraan, Union Motor berlokasi di Gading Serpong yang masih sangat sepi. Suasananya jauh berbeda dibanding sekarang.

Sebagai gambaran, ia mengingat persis barang pertama yang mampu dijualnya di Union Motor. “Penjualan pertama adalah kanebo. Pembelinya seorang tetangga. Saya menjualnya pada pukul 19.00 WIB setelah membuka toko pada pukul 06.00 WIB,” paparnya.

Namun, Rudy tetap berjualan dengan tekun. Bahkan, ia mampu menambah layanan di Union Motor. Selain berjualan onderdil, pelan-pelan Union Motor membuka jasa perawatan dan perbaikan kendaraan.

Putusan itu terbilang berani. Rudy tidak paham dengan dunia otomotif. Pengalaman juga sama sekali tidak dipunyainya. Tapi, ia tetap bertekad untuk menerjuninya. Pasalnya, kala itu ia tahu persis banyak permintaan dari pelanggannya untuk merawat kendaraan sekalian sesudah membeli sparepart di Union Motor.

Tuntutan itu membuat Rudy belajar banyak hal. Beruntung secara tidak sengaja Rudy mengetahui keberadaan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) ketika tengah berpergian di Semarang. Tahu persis manfaat yang ditawarkan YDBA, Rudy tak ragu untuk bergabung.

Akhirnya banyak keuntungan yang bisa Rudy dapatkan dari YDBA. Ia menggaris bawahi dua hal utama. Pertama adalah sebagai partner pendampingan. Rudy menilai YDBA membuatnya mendapat bimbingan dalam berbagai hal untuk membesarkan bengkel. Ia jadi tahu persis manajemen bengkel yang baik.

Adapun keuntungan kedua yang diperoleh dari YDBA menurut Rudy adalah pelatihan. Berkat YDBA, ia selalu bisa mengikuti perkembangan dunia otomotif yang dinamis. Hal itu sangat penting bagi servis yang ditawarkannya kepada pelanggan.

Union Motor 2

STANDARDISASI KARYAWAN YANG UNIK

Selain dukungan YDBA, perkembangan Union Motor tak lepas dari pengalaman panjang yang diperoleh Rudy. Kala mengelola Union Motor, banyak kejadian yang membuatnya mampu mengetahui hal terpenting yang dibutuhkan dalam pengelolaan bengkel.

Sebuah bengkel pada dasarnya merupakan layanan jasa. Selain faktor jaminan kualitas onderdil bermutu, kualitas karyawannya ternyata sangat menentukan. Mutu karyawan tidak hanya diukur dari segi kompetensi teknik belaka. Rudy malah mementingkan aspek personalitas yang disebutnya sebagai karakter.

Segi karakter pula yang menjadi penekanan Rudy. Maka, ia tak segan membuat sebuah training centre untuk para karyawannya untuk memastikan kualitasnya sesuai standar Union Motor.

Berlokasi di Karawaci, training centre tersebut menjadi pusat pelatihan para karyawan Union Motor. Setiap calon karyawan atau karyawan harus menempuh “pendidikan” di sana. Mereka diajari beragam kemampuan teknik oleh berbagai pemateri baik dari Union Motor atau dari pihak luar.

Di sana Rudy juga hendak menyaring calon karyawan dari segi personalitas. Semua yang ingin bekerja di Union Motor dimintanya untuk ikut di training centre dan bekerja sebagai pencuci mobil. “Tidak peduli sarjana sekalipun harus mau. Dari sini akan kelihatan jelas karakter seseorang. Apakah ia mau bekerja dengan serius atau tidak,” ucap Rudy.

Rudy memiliki penekanan besar terhadap karakter.  Menurutnya hal itulah yang justru lebih dipentingkan dibanding skill. “Bagaimana jadinya kalau seorang karyawan itu pintar tapi suka mencuri? Apakah Anda mau memiliki karyawan seperti itu?” kata Rudy.

Putusan Rudy akhirnya berbuah kesuksesan. Berkat proses standardisasi yang dilakukan dengan pembentukan training centre, kualitas karyawan Union Motor setara. Akibatnya mereka mampu memberikan layanan berkualitas. Semua itu berujung terhadap perkembangan Union Motor yang kian pesat.

Itu pula yang membuat Rudy tidak pernah resah ketika ada karyawannya yang berhenti dari pekerjaannya. Ia tetap yakin kinerja Union Motor tidak bakal terganggu karena sudah ada orang lain yang siap menggantikan dengan kualitas setara.

Hal ini yang akhirnya membuat Rudy memiliki kesempatan untuk berpikir dalam pengembangan Union Motor. Salah satu buahnya adalah perilisan berbagai produk perlengkapan kendaraan termasuk oli dengan label Union Motor.

Meski begitu, perkembangan dunia otomotif yang dinamis membuat pengusaha bengkel harus mau berinvestasi agar mengikuti perkembangan. Rudy juga tahu persis sehingga rela mengucurkan dana untuk peralatan kerja yang dibutuhkan. Ia sadar bahwa alat yang memadai berdampak terhadap kepuasan pelanggan.

Tidak mengherankan kini bendera Union Motor terus berkibar. Di tengah persaingan yang ketat, mereka tetap bisa eksis dan menjaga nama besarnya selama mendekati dua dekade.

Iklan

Satu tanggapan untuk “Rudy Honggowasito : Sukses di Union Motor Berkat Standardisasi Karyawan yang Unik

  1. Hidup ini terlalu singkat untuk meratapi kegagalan. Bersyukurlah akan anugerah yang telah kita terima. Mari kita tingkatkan pelayanan terhadap sesama. Fokus terhadap solusi dan berkembang ke lebih baik.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s