Anak Sekolah

Ketika ditanya tentang resep agar anak sukses di sekolah, orang tua sering menjawab hal-hal seperti tingkat intelegensia anak, guru yang bagus, hingga kursus yang baik. Tapi, menurut penulis buku Backbone: How to Build the Character Your Child Needs to Succeed, Hilarry Wilce, terdapat aspek lain yang tak kalah menentukan. Di matanya hal justru lebih krusial bagi keberhasilan anak di sekolahnya.

Menurut Wilce, mentalitas yang dibutuhkan anak agar mampu sukses di sekolah tersebut dapat diajarkan oleh orang tua. Sebab, mereka yang paling berpengaruh dalam membentuk karakter anak dengan baik. Apa sajakah itu?

Mampu Menikmati Hidup

Penting sekali bagi para orang tua agar membuat anak bisa menikmati hidup. Didiklah mereka supaya selalu bisa menemukan hal positif dari sebuah hal. Misalnya, ketika bersekolah tuntutan standar tinggi. Didik anak supaya menikmati masa-masa di sana dengan menguatkan hubungannya dengan teman atau merayakan ketika mendapat nilai bagus.

Mentalitas seperti ini penting supaya anak dapat menjadi pelajar yang baik. Pasalnya, untuk menjadikannya sukses di sekolah, antusiasme ketika belajar penting sekali untuk dipupuk. Kalau anak saja enggan datang bersekolah, mana mungkin mereka bakal sukses?

Tahan Banting

Tahan banting ternyata merupakan mentalitas yang diperlukan oleh anak yang ingin meraih kesuksesan di sekolah. Anak dituntut mampu untuk gagal dan sanggup bangkit lagi jika hendak berhasil.

Mengapa seperti itu? Ambil contoh ketika seorang anak yang meraih nilai buruk dalam sebuah ujian matematika. Anak yang tidak tahan banting bisa saja menyerah dengan merasa dirinya tidak mampu. Namun, anak yang tangguh, mungkin akan merasa kecewa. Namun, dia sudah siap bangkit di tes berikutnya dengan tekad untuk belajar lebih keras supaya meraih nilai yang lebih baik.

Disiplin Diri

Dalam segenap aspek kehidupan, disiplin merupakan faktor krusial. Apalagi jika terkait belajar di sekolah. Tanpa kemampuan untuk disiplin, sulit sekali bagi seorang anak untuk meraih kesuksesan.

Lihat saja contohnya, dengan memiliki disiplin diri, anak bisa mengontrol kegiatannya sehari-hari dengan baik. Dia tahu kapan waktu bersantai, bermain, dan belajar dengan baik. Akibatnya dia tidak akan pernah ketinggalan dalam pelajaran karena sudah belajar dan mengerjakan tugas.

Anak Sekolah 2

Jujur

Seorang pelajar yang baik mesti memiliki kejujuran. Tanpa itu sulit rasanya menyerap semua pelajaran dan meraih sukses di sekolah. Anak harus diajari untuk berani mengakui segala sesuatu dengan benar. Misalnya, anak dididik untuk mengakui bahwa mereka pintar dalam matematika, namun kurang bagus dalam biologi.

Kesadaran untuk berani mengakui kekurangan dan kelebihan membuat anak menjadi sosok pelajar yang baik. Kepercayaan diri bakal muncul karena tahu punya kemampuan spesial di salah satu bidang. Namun, mereka juga tidak besar kepala karena sadar lemah dalam satu program studi.

Berani

Seorang anak dapat menjadi penyerap pelajaran yang baik jika memiliki keberanian. Mereka tidak takut untuk memulai hal baru. Katakanlah kala menerima materi studi yang anyar, anak yang berani tidak akan mudah grogi, sehingga menyulitkan mereka untuk menerima pelajaran dengan baik.

Selain itu, anak yang berani tidak akan gampang menyerah. Saat gagal, mereka tidak takut untuk mencoba lagi.  Bahkan, bisa saja, mereka tidak takut disebut sebagai kutu buku karena senang belajar untuk meraih hasil tes yang baik.

Baik Hati

Baik hati diperlukan oleh seorang anak agar dapat menyerap pelajaran dengan baik di sekolah. Kebaikan hati diperlukan oleh seorang anak kepada dirinya sendiri. Misalnya, dia tidak terlalu menyalahkan dirinya sendiri ketika meraih nilai yang tidak memuaskan dalam sebuah ujian.

Kebaikan hati juga berguna untuk menimbulkan empati kepada sesama. Mampu bersikap seperti itu bakal membuat anak mendapatkan simpati dari pihak lain. Hal itu juga dapat berguna dalam meraih kesuksesan di sekolah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s