API 1

Keberadaan layanan API telco sejatinya membuka banyak kesempatan besar. Jika bisa memanfaatkannya dengan baik, API telco mampu meningkatkan kinerja bisnis dengan mempermudah layanan ataupun memberi nilai tambah produk.

Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi sudah mengubah kebiasaan orang. Mulai dari cara mengonsumsi berita, mendapatkan produk, hingga berkomunikasi tidak lagi sama.

Hal tersebut tentu berpengaruh terhadap bisnis. Pelaku usaha yang baik bakal memperhatikan tren tersebut. Mereka perlu tahu perubahan di pasar dan beradaptasi untuk memenuhi tuntutan konsumennya masing-masing yang berkembang.

Pemanfaatan jasa layanan API gateway bisa menjadi salah satu cara untuk menjawab tantangan perubahan yang tengah terjadi. Bagaimana caranya? Untuk mengetahuinya, perlu dipahami dulu apa sebenarnya API tersebut.

API sebenarnya merupakan kependekan dari Application Programming Interface. Secara garis besar, API bisa dilihat sebagai sarana untuk mempermudah hubungan antara berbagai pihak.

Untuk memahaminya secara mudah, API dapat dianalogikan dengan sebuah bandara. Anda ingin pergi ke sebuah tempat. Maka, Anda pun membeli tiket penerbangan yang diinginkan.

Sesudah itu, Anda berangkat ke bandara. Anda lalu menuju ke gate yang tertera untuk bisa naik pesawat yang membawa ke tujuan. Sesuai tiket dan boarding pass yang dimiliki. Di pesawat Anda tinggal duduk dan setelah beberapa lama Anda sampai di tempat yang dituju.

API mirip seperti situasi di bandara. Ia bertugas menghubungkan antara permintaan dan hasil yang diminta secara singkat dan akurat. Dengan kata lain, ia bisa menjadi “jalan” bagi siapa saja ke tujuan.

Namun, API malah memiliki kelebihan. Koneksi API gateway dapat saling terhubung dengan berbagai pihak dengan nyaris tanpa batas. Ini berbeda dengan airport yang dibatasi dengan jumlah gate, terminal, maskapai, ataupun landasan pacu.

API 2

Melihat hal tersebut, sebagai pelaku usaha, Anda pantang menyepelekan API. Ada banyak bagian API yang dapat dimanfaatkan untuk peningkatan bisnis. Layanan API telco adalah salah satunya.

API telco merupakan bagian API yang berkaitan dengan dunia telekomunikasi. Ada banyak jenis layanan dalam dunia telekomunikasi seperti SMS, MMS, atau telepon. Anda bisa mengoptimalkan semua itu untuk peningkatan kinerja bisnis dengan API telco.

Praktik yang ditawarkan cukup banyak. Dengan memanfaatkan jasa layanan API gateway, Anda bisa meningkatkan costumer experience. Sebagai contoh Anda bisa memudahkan konsumen menjangkau Anda dengan SMS. Dengan API, pelanggan dapat mendapatkan produk atau jasa Anda hanya dengan SMS.

Bisa jadi pula Anda dapat membuat terobosan dengan membuat pembayaran dengan sistem potong pulsa. Hal itu dimungkinkan dengan layanan API telco.

Selain itu, layanan API telco memungkinkan perusahaan Anda mendekatkan diri dengan konsumen dengan mudah. Misalnya Anda ingin membuka layanan pengaduan pelanggan via telepon di aplikasi. Konsumen hanya perlu membuka apps untuk menelpon Anda. API telco memungkinkan hal tersebut dilakukan.

Kalau semua itu dilaksanakan tentu akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan Anda. Ujung-ujungnya bisa meningkatkan penjualan yang mengangkat kinerja bisnis.

Singkat kata, layanan API telco membuka kesempatan besar bagi bisnis untuk berkembang. Pelaku usaha hanya perlu untuk berpikir kreatif dalam pemanfaatannya. Lalu pilihlah penyedia jasa layanan API gatewayterpercaya untuk menjalankannya.

Apigo merupakan penyedia jasa layanan API gateway yang direkomendasikan. Ada empat jenis layanan yang bisa mereka berikan terkait API telco. Apigo. bisa membantu Anda terkait messaging (SMS, MMS, USSD, dll.), API voicebackend as a service, hingga digital payment. Didukung kemampuan mumpuni, Apigo dapat memungkinkan Anda memanfaatkan layanan API telco dengan optimal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s