Cara Buat Skripsi

Skripsi sering menjadi penghambat utama kelulusan mahasiswa. Padahal, pembuatan skripsi tidak sesulit yang dibayangkan. Mahasiswa hanya perlu tahu cara buat skripsi yang tepat supaya bisa menyelesaikannya dengan cepat.

Saat ini skripsi masih menjadi penentu kelulusan dari perguruan tinggi. Namun, hal ini rupanya dianggap merepotkan oleh mahasiswa maupun calon mahasiswa. Mereka menilai skripsi sebagai tugas berat yang menyulitkan.

Hal itu tergambar dari survei yang dilakukan Litbang Koran Sindo terhadap 100 orang mahasiswa dan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di lima kota besar di Indonesia. Sebanyak 50 persen responden setuju jika skripsi tidak dijadikan prasyarat kelulusan. Ketika diperdalam tentang alasan persetujuan tersebut, 22 persen responden menganggap tingkat kesulitan dalam pengerjaan sebagai penyebabnya.

Fakta tersebut menandakan bahwa banyak yang merasa skripsi sebagai hal yang menyulitkan. Padahal, jangan seperti itu. Skripsi bisa diselesaikan dengan cepat. Mahasiswa hanya perlu tahu cara buat skripsi yang tepat supaya bisa melakukannya.

Lantas, seperti apa cara buat skripsi yang baik? Pelajari dan terapkan hal-hal berikut ini.

 

MULAI MEMBUAT TARGET

Cara buat skripsi yang cepat dimulai dari tekad yang muncul dari diri sendiri. Hal itu mesti diwujudkan dengan berani membuat target. Segera tentukan detail skripsi dan berkomitmenlah untuk menepati tenggat yang dipatok.

Mahasiswa bisa mulai menentukan kapan akan mulai mengerjakan. Tentukan pula kapan skripsi bakal selesai. Buatlah tenggat waktu yang realistis namun menantang. Ini berarti target penyelesaian masuk akal dengan waktu yang cepat.

Penentuan target bakal membantu mahasiswa untuk bersiap diri. Kamu akan tergerak untuk melakukan segala hal yang diperlukan untuk penyelesaian skripsi. Bahkan, mungkin saja mahasiswa akhirnya malah membuat lini waktu kerja sendiri. Ini penting sebagai sarana monitor pembuatan skripsi agar berjalan sesuai jadwal.

Kalau belum menentukan target, segera buat sekarang juga. Cara buat skripsi tidak akan bisa berjalan tanpa ada komitmen awal.

 

ADAPTASI KARAKTER DOSEN

Salah satu kendala yang sering menghambat mahasiswa dalam membuat skripsi sering berasal dari para dosen. Para mahasiswa merasa tidak bisa mengikuti permintaan atau arahan dosen. Namun, ini bukan alasan untuk berhenti. Lakukan hal mendasar agar skripsi segera selesai, yakni beradaptasi dengan karakter dosen.

Setiap pengajar mempunyai cara beragam untuk membimbing mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Mahasiswa harus mampu melakukan adaptasi mengikuti tata cara maupun sistem yang diingin dosen pembimbing.

Perlu disadari, dosen memberi arahan supaya kualitas skripsi yang dihasilkan sesuai standar. Prinsip ini mesti dipahami oleh mahasiswa sehingga ketika ada kendala mereka akan sadar bahwa ada yang hal yang kurang tepat dalam pembuatan skripsinya. Cara buat skripsi yang cerdas dapat dapat diawali dengan pemahaman karakter dosen.

 

JALIN RELASI DENGAN BERBAGAI PIHAK

Skripsi merupakan tugas yang tidak bisa diselesaikan sendiri. Mahasiswa perlu berinteraksi dengan pihak lain untuk berbagai hal. Contohnya terkait pengumpulan data, penentuan metodologi, sampai pencarian referensi pustaka. Oleh karena itu, cara buat skripsi tidak bisa lepas dari kemampuan menjalin relasi dengan berbagai pihak.

Buatlah hubungan baik dengan pihak-pihak yang bisa membantu dalam penyelesaian skripsi. Jalinlah relasi dengan mereka. Seringkali koneksi yang bagus akan memudahkan segalanya. Katakanlah ketika mencari referensi, mahasiswa bisa menemukannya dengan mudah karena ada relasi yang tahu mana yang jadi acuan terbaik.

Jalinlah relasi pula dengan sesama mahasiswa yang tengah mengerjakan skripsi. Mereka bisa bertindak sebagai teman yang akan membantu pengerjaan. Selain itu, sebagai sesama mahasiswa yang sedang membuat skripsi, mereka dapat diajak berdiskusi.

 

KURANGI KEGIATAN LAIN

Cara buat skripsi yang harus dilakukan adalah mulai mengurangi kegiatan lain. Perlu diingat, pembuatan skripsi memerlukan konsentrasi tinggi. Selain itu, waktu yang dibutuhkan juga panjang. Mahasiswa wajib fokus dalam mengerjakannya.

Untuk itu, mulai sekarang, kurangi aktivitas yang selama ini biasa dijalani. Pilah-pilah mana yang dapat dihentikan untuk sementara waktu demi penyelesaian skripsi. Cari yang paling tidak memberi manfaat besar bagi dirimu.

Kalau tidak mengurangi kegiatan, mahasiswa bisa keteteran dalam membuat skripsi. Waktu seakan tidak cukup karena banyak jadwal aktivitas yang mesti dijalani. Padahal pembuatan skripsi sangat menyita waktu. Oleh karena itu, perlu waktu yang longgar sehingga mahasiswa perlu mengurangi beberapa kegiatan yang selama dijalani.

 

TERUS MEMBUAT PERKEMBANGAN

Semua yang dipaparkan sebelumnya telah dilakukan. Kini saatnya untuk memulai pembuatan skripsi. Pada saat ini, mahasiswa dituntut untuk memiliki komitmen tinggi dalam pengerjaan.

Cara buat skripsi tidak bisa dilepaskan dari disiplin untuk terus membuat perkembangan. Mahasiswa dapat membuat target pengerjaan skripsi setiap pekan. Saat itu sudah harus ada kemajuan yang sudah diambil.

Bersamaan dengan itu, mahasiswa harus berani disiplin. Mereka wajib menepati target perkembangan yang sudah dipatoknya sendiri. Kalau itu dilakukan, niscaya sedikit demi sedikit skripsi akan selesai. Tanpa disadari, mungkin saja skripsi sudah mencapai bagian akhir.

 

Seperti ini langkah yang dapat diambil mahasiswa jika ingin segera menyelesaikan skripsi. Cara buat skripsi yang cepat tidak bisa lepas dari kesadaran diri untuk segera memulai. Setelah itu jaga diri untuk disiplin terus membuat perkembangan.

Tidak ada salahnya pula untuk memberi sedikit hadiah bagi diri sendiri ketika berhasil menyelesaikan salah satu fase pembuatan skripsi. Boleh saja mahasiswa mengambil waktu santai atau sekadar berjalan-jalan. Langkah ini terkesan sederhana, namun merupakan bagian vital dari cara buat skripsi yang cerdas. Menghadiahi diri sendiri akan menjaga semangat membuat skripsi terus menyala.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s